Sumber: Doc. Pribadi, -
Dheka Cahya Dheka Cahya

1001 Kisah Tentang Kopi di Dongeng Kopi

Setiap kopi memiliki cerita dan filosofi. Kopi bukan sekedar minuman untuk menghabiskan malam ketika begadang, kopi memiliki filosofi dan cerita sendiri. Ada salah satu kafe unik yang dengan setia menceritakan setiap kisah tentang kopi pada pelanggannya.

Ketika kamu pertama kali masuk yang kamu temui adalah meja bar yang tertata rapi dan nyaman untuk dilihat. Melangkah masuk lagi, kamu akan disapa dengan aroma kopi yang di roasting. Disambut dengan bangku-bangku kayu sederhana, dinding-dinding yang di mural sedemikian rupa, penataan meja yang cukup unik, dan juga barista yang ramah. Disitulah kalian bisa bertanya-tanya tentang kopi, yang menarik adalah adanya macam-macam kopi yang di tempatkan di wadah yang berbeda-beda, di area barista dan kopi-kopi mentah ini di larang merokok karena akan mempengaruhi bau kopi. Lukas sebagai pengelola menyebutkan bahwa tempat ini memang sebenarnya diciptakan sebagai public space. Kamu bisa berkreasi di sini, kamu boleh mengadakan acara disini, tanpa dipungut biaya sepeserpun.

1. Edukasi Kopi Agar Jadi Penikmat Kopi yang Cerdas

Edukasi Kopi Agar Jadi Penikmat Kopi Yang Cerdas Sumber: Doc. Pribadi,

Dongeng Kopi sebelumnya hanya sebuah blog Dongeng Kopi yang sering bercerita seputar kopi. Semakin banyaknya artikel yang ditulis, semakin banyak pula followers blog tersebut, sampai pada akhirnya mereka menyarankan untuk penulis membuat sebuah coffee shop, dan terwujudlah sampai sekarang ini. Nama Dongeng sendiri di ambil karena tempat ini diarahkan sebagai public space yang mana diharapkan semua orang yang berada disini (baik barista maupun pengunjung) mampu untuk berdongeng dengan baik. Di sisi lain, tempat ini juga menyediakan kopi dengan berbagai dongengnya. Kamu akan mendapatkan banyak dongeng-dongeng menarik tentang kopi di tempat ini.

Dongeng kopi bersedia untuk mengedukasi pelanggan tentang kopi, kamu bisa bertanya apapun itu tentang kopi, darimana kopi? kenapa kopi? kopi apa saja? bagaimana mengolahnya? apa saja teknik mengolahnya? semua pertanyaan itu akan terjawab saat kamu bertanya. Kamu juga bisa melihat pembuatan kopi melalui barista yang ada di dongeng kopi sambil menanyakan apa yang membuatmu penasaran dengan kopi. Dongeng kopi sendiri ingin mengedukasi pelanggan agar jadi penikmat kopi yang cerdas, menghargai kopi dan menghargai petani kopi. Karena saat ini petani kopi semakin sedikit karena harga kopi yang mahal sehingga banyak yang tak suka. Kamu pasti tambah bingung bukan? kenapa kopi mahal sedangkan kopi instan bisa kamu nikmati hanya dengan harga Rp. 2000,-, kamu tau nggak kalau kopi sobek yang kamu nikmati itu bukan dari biji kopi, melainkan dari batang pohon kopi. Ya ampun kamu pasti kaget, makanya bisa semurah itu kan. Kopi itu harus mengalami banyak proses sebelum layak diminum, dan proses itu memiliki cerita masing-masing.


2. Tidak Suka Kopi Hitam, Kental nan Pahit? Don't be Panic!

Tidak Suka Kopi Hitam, Kental Nan Pahit? <i>don't Be Panic!</i> Sumber: Doc. Pribadi,

Dongeng Kopi menyuguhkan berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati, salah satunya Wi-Fi. Selain itu, kopi yang tersedia ada Kopi Aceh Gayo, Toraja Sapan, Mandhailing, Kopi Sunda, Bali Kintamani, Java Temanggung, Java Raung, Linthong, Ciwidey dan masih banyak lagi. Setiap daerah memiliki jenis kopi yang berbeda, baik rasa kopi maupun cerita kopi. Jika kamu tak suka kopi kental, hitam dan pahit, don't be panic, di Dongeng Kopi kamu bisa menjumpai kopi yang warnanya lebih mirip dengan teh dan juga tidak kental, kamu bisa meminta kepada barista untuk menyajikan kopi yang manis dan tidak kental. Selain itu kamu juga mendapat jaminan atas kopi yang kamu minum. Jika kopi yang kamu minum tidak sesuai permintaanmu, Dongeng akan mengganti kopimu sampai sesuai dengan yang kamu inginkan. Selain itu, kopi yang ada di Dongeng merupakan kopi Premium yang selalu fresh. Klaim ini dibuktikan dengan sirkulasi pergantian kopi yang ada, paling cepat satu minggu paling lambat dua minggu kopi akan diganti. Kepuasan konsumen diutamakan disini.  

3. Teman Baca Buku yang Baik Adalah Kopi, Begitu Juga Sebaliknya

Teman Baca Buku Yang Baik Adalah Kopi, Begitu Juga Sebaliknya Sumber: Doc. Pribadi,

Tujuan utama dari adanya Dongeng Kopi ini sendiri adalah sebagai salah satu bukti aksi dalam melakukan edukasi kopi. Edukasi kopi ini dilakukan pada petani kopi dan juga pengunjung yang datang ke tempat ini. Jika kamu datang ke tempat ini pada jam 08.00-12.00 kamu diperbolehkan untuk membuat kopimu sendiri, karena ini memang waktunya untuk “make your own coffee”, buat, minum, dan hargai sendiri kopimu. Dongeng kopi akan menyediakan kopi-kopi yang mereka punya untuk kalian seduh dengan metode brewing yang kalian inginkan dan kalian juga bisa diskusi langsung dengan barista Dongeng Kopi. 

Berbicara tentang Dongeng Kopi tak lengkap rasanya kalau tanpa berbicara soal buku. Kamu bisa menemui satu rak buku di ruang tengah yang bukunya bisa kamu pinjam selama berada disana. Rak buku itu juga boleh kamu isi sendiri dengan buku koleksimu dirumah. Menurut Lukas, menyediakan buku di coffee shop adalah sesuatu yang tepat, karena teman baca yang baik adalah kopi. Menggandeng Indie Book Corner, Dongeng semakin erat dengan konsep buku dan kopi, apalagi space-space yang disediakan oleh Dongeng Kopi nyaman untuk membaca buku. Kamu bisa membeli dan meminjam buka di satu tempat. Jadi, masih ragu untuk mampir kesini?

Alamat : Jalan Wahid Hasyim No. 3 Gorongan, Depok, Sleman, Yogyakarta

Related Posts

7-tempat-makan-semi-outdoor-di-jogja-yang-romantis-untuk-rayakan-valentine 7 Tempat Makan Semi Outdoor Di Jogja yang Romantis untuk Rayakan Valentine
Untuk para jomblo, tabahkan hati terlebih dahulu, karena 7 tempat makan dengan konsep semi outdoor ini sangat recommended untuk merayakan moment Valentine bersama pasangan. Tapi tetap kece juga jika ingin nongkrong bareng bareng keluarga atau teman-teman.
/
Desi Sri /
16 14044 0
Yummy-6-kafe-es-krim-di-jogja-yang-super-lezat Yummy, 6 Kafe Es Krim di Jogja yang Super Lezat
Ingat kuliner di Jogja bukan cuma gudeg dan bakpia? Di Jogja, juga ada beragam kafe es krim yang enak dan kesegarannya maknyus.
/
Lina Rahmawati /
2 1165 0