Sumber: instagram.com/yogzan/, -
Eva Yuliana Eva Yuliana

4 Destinasi Seru Menikmati Liburan Idul Adha di Yogykarta

Long weekend di awal bulan September akan sangat disayangkan jika hanya berdiam diri saja di rumah. Jika kemarin sudah berpesta ria dengan daging qurban, hari ini saatnya berlibur ya.

Libur panjang Idul Adha sudah dimulai dari kemarin (1/8), beberapa tempat untuk mengisi libur panjang Idul Adha pun sudah masuk daftar cheklist. Dan kota Yogyakarta menjadi salah satunya. Ada banyak tempat-tempat wisata yang bisa dinikmati selama tiga hari di kota pelajar ini.


Nah, jika kamu memang ingin menghabiskan waktu libur panjang akhir pekan Idul Adha di Jogja, mungkin 4 destinasi di bawah bisa membuat kamu betah berlama-lama. Simak ulasannya:

1. Keraton Ngayogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Sumber: instagram.com/rina_rasyidin, -

Keraton Ngayogyakarta masih menjadi destinasi wajib ketika liburan. Tempat ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Banyak wisatawan yang datang ke sini, baik wisatawan domestik dan mancanegara. Mereka ingin melihat secara dekat mengenai sejarah dan kehidupan kerajaan Yogyakarta .


Sayangnya pada hari libur Idul Adha, Keraton Ngayogyakarta ditutup untuk wisatawan. Namun, para wisatawan bisa menyaksikan tradisi Grebeg Besar, yang digelar oleh Keraton Yogyakarta pada hari ini 2 September 2017 menyaksikan iring-iringan gunungan dari Keraton Yogyakarta menuju Masjid Agung Kauman. Psssttt, moment ini sangat ditunggu-tunggu karena banyak orang yang menyaksikan meramaikannya dengan tradisi rayahan gunungan untuk ngalap berkah (mencari berkah). 

2. Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta Sumber: intagram.com/dita_dwi412, -

Masih berada satu kawasan dengan Keraton. Obyek wisata ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan, dan pemandian keluarga kerajaan Yogyakarta. Selain itu juga pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian, dan perlindungan keluarga Sultan Yogyakarta pada masa penjajahan.

3. Malioboro

Malioboro Sumber: intagram.con/ninuz.yma, -

Menjadi salah satu landmark kota Yogyakarta, Malioboro menggambarkan suasana asli kota Yogyakarta sesungguhnya. Para wisatawan bisa nongkrong santai menikmati keindahan kawasan tersebut, atau berbelanja beragam oleh-oleh khas Yogykarta, mulai dari batik, kaos, hingga cinderamata lainnya.


4. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo Sumber: instagram.com/arya7pradana, -

Merupaka pasar tertua dengan nilai historis dan filosofis yang tak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta. Pasar Beringharjo berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani nomor 16, Yogyakarta.


Ada banyak jenis barang yang bisa kamu beli, mulai dari batik, jajanan pasar, uang kuno, pakaian anak dan dewasa, makanan cepat saji, bahan dasar jamu tradisional, sembako hingga barang antik. 


Related Posts

Selamat-pagi-tugu-jogja Selamat Pagi Tugu Jogja
Tugu Yogya, inilah landmark nya kota Yogya. Yogya itu indahnya keterlaluan. Bikin kangen siapa saja. Kotanya tidak terlalu luas namun fasilitas kotanya lengkap.
/
Widarko Hartono /
0 897 0
Launching-website-museum-virtual-karaton-ngayogyakarta-bisa-diakses-umum Launching Website, Museum Virtual Karaton Ngayogyakarta Bisa Diakses Umum
Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut.
/
Desi Sri /
0 632 0