Sumber: fooddiscoverer, -
Nia Magdalena Nia Magdalena

4 Kuliner Yogyakarta Super Pedas Ini Nikmatnya Bikin Berkeringat!

Mempunyai selera masakan yang pedas tentu saja bukan hal yang aneh lagi ya, karena saat ini sudah semakin banyak kuliner yang menyajikan masakan dengan level pedas yang beragam. Benar-benar memanjakan para pecinta masakan pedas.

Membahas ragam kuliner di Yogyakarta tak pernah ada habisnya, karena selalu saja menggoda selera. Cita rasa masakan pun beragam, ada manis ada juga pedas begitulah sekiranya. Meski Yogya terkenal dengan cita rasa gudeg yang lebih mengedepankan rasa manis ini, tetap saja masih banyak kuliner di Yogyakarya yang menyajikan masakan pedas. Nah, pedasnya masakan di Yogyakarta tak tanggung-tanggung bisa membuat siapapun yang menyantap jadi berkeringat, hidung meler, bahkan sampai mengeluarkan air mata.


Ini dia 5 kuliner pedas di Yogyakarta:


1. Sate Petir ala Pak Nano

Sate Petir Ala Pak Nano Sumber: fooddiscoverer, -

Sate Petir adalah ide kreatif ini layak diajungi jempol. Pak Nano merupakan  orang dibalik ide keren ini, ia menggambarkan rasa pedas pada masakannya. Ia memberi level untuk menggambarkan rasa dari yang biasa saja sampai pedas selevel petir. Tau kan petir itu seperti apa kelakuannya? Menyambar lidah!


Istilah level pedasnya pun dibuat seunik mungkin, sebut saja level PAUD (pendidikan Anak Usai Dini) hingga Profesor, Pak Nano akan siap meracik sate atau tongseng dengan tingkat kepedasan yang dipesan. 


2. Oseng-oseng Mercon ala Bu Narti

Oseng-oseng Mercon Ala Bu Narti Sumber: gudeg.net, -

Oseng-oseng Mercon diambil dari istilah 'mercon'. Dari namanya saja, pasti kalian sudah tahu kan bahwa menu yang dihidangankan oleh Bu Narti ini superpedas. Nah, Oseng-oseng mercon adalah tumisan daging sapi dicampur lemak sapi, dimasak dengan bumbu dan cabai rawit.


Bu Narti telah meracik menu ini sejak tahun 1998. Hingga bermunculan banyak penjaja Oseng-oseng mercon. 


Oseng-oseng Mercon Bu Narti berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Yogyakarta buka dari pukul 17.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Konsep warungnya sederhana hanya lesehan di depan toko yang tentu saja sudah tutup. 


3. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum Sumber: javafoodie, -

Siapa yang tidak kenal Ayam Geprek Bu Rum? Asli kalian nggak hits banget jika tidak mengenal kuliner satu ini. Rasanya mantap dengan harga mahasiswa. Kesan ini yang melekat erat sebagai gambaran dari warung pelopor ayam geprek di Indonesia.


Di sini, pembeli boleh mengambil nasi dan sayur sepuasnya. Surga banget untuk kalian yang anak kost ataupun anak rantau. Mirip seperti Sate Petir Pak Nano, tingkat kepedasan juga dapat diatur oleh pembeli, dengan meminta jumlah cabai yang akan digeprek ke ayam goreng tepung, kamu bisa menikmati rasa pedas sesuai dengan selera kamu.


Buka sejak tahun 2003, saat ini Ayam Geprek Bu Rum sudah punya tujuh cabang. Warung yang berada di Jalan Wulung Lor, Papringan, Caturtunggal, Depok, Yogyakarta merupakan warung yang pertama kali berdiri. 


4. Sambel Welut Pak Sabar

Sambel Welut Pak Sabar Sumber: fooddiscoverer, -

Spesialis welut (belut) mungkin cocok disematkan kepada Pak Sabar. Tiga hidangan yang paling laris adalah Sambel Welut, oseng welut, dan welut goreng. Kecuali welut goreng, dua hidangan lain dapat membuat menangis karena begitu pedas. 


Dengan racikan bumbu yang pas, masakan welut Pak Sabar sungguh nikmat. Apalagi dimasak dengan menggunakan kayu bakar, aroma harum masakannya makin terasa.  Hidangan belut di rumah makan Pak Sabar dihitung bobot alias per kilogram.  Meski rumah makan Pak Sabar semakin luas, nyatanya rasa dan harga tetap sama. 


Jika kamu pengen coba kulineran di sini, kamu bisa ke Jalan Imogiri Barat, Km. 6, Tamanan, Bantul. Di sanalah alamat Rumah Makan Sambal Welut Pak Sabar.


Related Posts

Kue-kekinian-jogja-sudah-mencoba Kue Kekinian Jogja, sudah mencoba?
Kalau mau cari oleh-oleh di beberapa kota di Indonesia sekarang sudah berbeda dari sebelum-sebelumnya yg memang mencari ciri khasnya, saat ini orang lebih mencari oleh-oleh Jaman Now milik para artis.
/
nathania lavita /
0 1754 0
5-jajanan-tradisional-khas-kotagede-yogyakarta-dijamin-bikin-ketagihan 5 Jajanan Tradisional Khas Kotagede Yogyakarta, Dijamin Bikin Ketagihan
Hari gini siapa yang tak suka cemal-cemil jajan pasar? Kalau dengar jajanan pasar seolah lidah ingin langsung menyantap betapa enaknya kue-kue tradisional asli Indonesia tersebut. Tak terkecuali dengan jajanan pasar khas Kotagede Yogyakarta.
/
Tania Angelia /
1 1266 0