Rosita Lestari Rosita Lestari

5 Bangunan di Jogja yang Memiliki Nilai Sejarah Tinggi Ini Harus Kamu Dolani

Ngomongin soal Yogyakarta memang tak ada habisnya. Mulai dari kuliner, wisata, budaya sampai orang-orangnya yang ngangenin banget *duh baper.

Bagi kamu yang ada rencana jalan-jalan ke Jogja, enggak ada salahnya buat dolan ke beberapa tempat bersejarah di kota pelajar ini. Dijamin kamu bakalan serasa menggunakan mesin waktu untuk kembali ke masa lalu menikmati nunansa yang klasik.


Apa saja? Berikut beberapa peninggalan sejarah keren yang berhasil jogjavacanza himpun dari berbagai sumber, Jum’at (26/5).  


1. Kampung Pecinan Ketandan

Kampung bersejarah ini terletak di pusat keramaian perbelanjaan Malioboro. Yap, Kampung Pecinan Ketandan namanya. Saking ramainya oleh hiruk pikuk orang berbelanja di Malioboro, kampung ketandan seakan-akan terlupakan keberadaannya. Padahal sejarah tentang kesuksesan para pedagang Tionghoa berasal dari kampung ini.


Kamu bisa menemukan kampung Ketandan dengan mudah karena terletak di pusat Malioboro, tepatnya sebelah utara Pasar Beringharjo. Di seputaran kampung tersebut, kamu bisa melihat ornamen-ornamen khas Tiongkok, dan beberapa toko yang memiliki sejarah seperti Toko Roti Djoen yang sudah ada hampir seratus tahun yang lalu. Atau Toko Obat Bah Gemuk, yang menjual berbagai macam obat tradisional Tiongkok yang kemanjurannya telah dikenal di seluruh dunia.


2. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg atau Loji Gede merupakan loji tertua di Yogyakarta dari keseluruhan kompleks bangunan yang ada di titik nol kilometer. Dibangun pada tahun 1776, Vredeburg berfungsi untuk mengawasi gerak-gerik aktivitas keraton pada masa itu. Terletak di ujung Jalan Malioboro, kamu bisa mengunjunginya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 2000 per orang. Di dalamnya, kalian bisa menikmati arsitektur khas Belanda yang masih terawat sampai sekarang. Ada juga berbagai macam diorama yang mengisahkan tentang perjuangan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda dan Jepang.

3. Pabrik Gula Madukismo

Pabrik Gula Madukismo Sumber: -, njogja.co.id

Kali ini tempat bersejarah di bidang industri, Pabrik Gula Madukismo. Pabrik ini terletak di Kelurahan Tirtomolo, Kasihan, Bantul. Pabrik Gula tersebut menempati sebuah bangunan tua dengan halaman luas, mesin-mesin kuno, dan rel-rel kereta yang menjadi jalur bagi pengangkutan tebu.


Untuk menikmati nuansa pabrik tua ini kamu bisa mengambil paket agrowisata Madukismo. Dengan paket ini kalian akan diajak untuk berkeliling pabrik mulai dari proses pembuatan sampai hasil jadi. Kamu juga bisa mencoba naik kereta api tua melintasi rel-rel di sekitar pabrik.


4. Keraton Yogyakarta

Siapa pun kamu yang jalan-jalan ke Kota Yogya nggak afdol rasanya kalau belum mengunjungi salah satu tempat paling bersejarah di kota ini. Di sinilah pusat kegiatan Kasultanan Yogya berlangsung. Kamu bisa menikmati pertunjukan tari, drama, gamelan, atau sekadar jalan-jalan berkeliling komplek istana. Berapa biaya masuknya? Nggak mahal kok, cuma Rp 5 ribu per orang untuk sekali masuk.

5. Taman Sari

Yang terakhir, Taman Sari merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta, dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri-istri dan selir raja. Tempat ini merupakan salah satu tempat instagramable yang ada di Yogya.


Jadi bagi kamu yang selalu eksis di Instagram, kalau ke Yogya wajib hukumnya ke tempat ini. Di dalamnya kamu bisa menemukan bangunan khas Keraton Yogya dengan berbagai ornamennya. Kamu juga dapat menaiki sebuah menara tempat pribadi sultan. Dari atas menara itu, kamu dapat menikmati pemandangan Taman Sari dengan kolam-kolamnya dan bunga-bunganya yang indah. Ada juga Gedung Kenongo yang merupakan gedung tertinggi di Taman Sari. Dari Gedung Kenongo, Kamu dapat melihat pesona matahari terbenam.


Related Posts

Liburan-itu-penting Liburan Itu... Penting!
“Tidaklah penting dari mana Anda berasal. Yang penting adalah ke mana Anda akan melangkah.” – Brian Tracy
/
Since Novayanti /
2 598 0
Selama-hidupnya-raja-jogja-tidak-pernah-melewati-jalan-ini Selama Hidupnya, Raja Jogja Tidak Pernah Melewati Jalan Ini!
Bangunan ini eksis banget di layar kaca, apalagi untuk kalian penonton setia FTV pasti pernah liat bangunan ini. Pada tahu nggak sih ini nama bangunannya apa? Bangunan yang sering muncul di serial FTV berlatar Jogja ini namanya adalah Plengkung Gading.
/
Didik Tama /
5 1044 0