Sumber: instagram.com/aditya_rimba, -
Rendi Pangkisuwito Rendi Pangkisuwito

5 Candi yang Instagramable Banget di Yogyakarta, Yuk Kunjungi!

Obyek wisata yang saat ini paling dicari adalah obyek wisata yang Instagramable. Tak bisa dipungkiri lagi, sosial media Instagram dalam 2 tahun belakangan eksistensinya tetap stabil dan terus membarui fiturnya.

Itulah alasan mengapa para travelling lebih suka mengunjungi tempat yang hits ataupun masih baru namun dengan view yang instagramable agar bisa menguggah momen travelling kece di instagram.


Selain keindangahan pemandangan alam seperti pantai, gunung, dan kamu adalah pelancong narsis dan hobi fotografer, tak ada salahnya untuk berkunjung ke candi-candi cantik di Yogyakarta berikut ini. 


Oiya, sebelum berangkat pastikan dulu baterai kamera ataupun handphone kamu dalam keadaan full. Selain itu, bawa juga power bank atau baterai cadangan, biar puas foto-fotonya! 


1. Candi Ijo

Candi Ijo Sumber: instagram.com/kennedi_rahmat, -

Candi Ijo ini sangat elok pemandangannya saat momen sunset. Bisa dibilang Candi Ijo lah yang paling tinggi di Yogyakarta. Posisinya berada pada lereng bukit dengan ketinggian rata-rata 425 meter di atas permukaan laut. Meski beberapa area masih dalam tahap pemugaran, tapi bagian di puncak sudah selesai.


Jika menengok di luar candi, kamu sepeti merasa berada di nirwana karena tumpukan awan dan langit biru siap menyambutmu. Kamu juga bisa singgah ke Tebing Breksi juga lho. Karena keduanya berada di rute yang sama.


2. Candi Sambisari

Candi Sambisari Sumber: instagram.com/wahyudibass, -

Jika Candi Ijo adalah Candi yang ada di ketinggian, posisi Candi Sambisari terletak 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar karena tertimbun lahar dari Gunung Merapi yang meletus secara besar-besaran pada awal abad ke-11. Sekilas Candi Sambisari menyerupai kastil batu yang terletak di tengah taman. Rumput yang tumbuh subur di pelataran candi laksana permadani hijau yang indah.


Banyak orang yang menjadikan Candi Sambisari sebagai lokasi photoshoot baik untuk prewedding maupun ber-swafoto. Wisatawan pun bisa menggelar tikar di rerumputan dan membuka bekal piknik bersama keluarga. Asyik kan? 


Di candi ini kamu juga bisa menemukan relief Ganesha dan Syiwa di bagian luar cungkup lingga dan yoni. Akses lokasinya pun gampang, hanya sekitar 1,5 kilometer dari Candi Kalasan. Saatnya jelajah candi!


3. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko Sumber: instagram.com/sambonaventura, -

Candi yang legend dan sebagai tempat paling romantis untuk melihat sunset. Apalagi kalau bukan Candi Ratu Boko. Di dalam kompleks Boko ini terdapat tempat bertapa dan ada juga kolam pemandian yang dikelilingi artefak campuran Hindu-Budha.


Kompleks ini sebenarnya masih dalam perdebatan, apakah bekas keraton atau memang asli candi? Apapun pendapat arkeolog dan sejarawan peneliti tentang sejarah Mataram Kuno, pastikan saja kamu tiba di lokasi sebelum matahari terbenam. Kamu bisa menikmati sunset yang gak kalah eksotis seperti di pantai. Pokoknya, Instagramable banget! 




4. Candi Barong

Candi Barong Sumber: -, -

Tempatnya sangat berdekatan dengan Candi Ratu Boko. Candri Barong memiliki pelataran yang cukup luas di tengah kawasan hutan. Candi Barong dulunya dianggap sebagai tempat beribadah.


Meski hanya ada dua cungkup candi besar di tengah halaman bebatuan, Candi Barong menawarkan nuansa berbeda bagi para wisatawan. Satu hal yang pasti, candi ini juga nggak kalah Instagramable dengan yang lain.


Yang menjadi masalah di Candi Barong adalah perihal lokasinya yang sangat mblusuk. Untuk sampai ke lokasi candi kita harus melewati jalan desa yang tidak terlalu lebar. Tapi untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan candi yang baru, Candi Barong bisa jadi destinasi paling menarik yang wajib ada di list tujuan wisata kamu. Apalagi jika kamu datang di siang menjelang sore dan cuaca sedang teduh, kamu bakalan terkantuk-kantuk karena suasananya yang syahdu dan sejuk alami.


5. Candi Prambanan

Candi Prambanan Sumber: instagram.com/dictatabitha, -

Candi Prambanan adalah candi yang sering menjadi perdebatan karena kompleks Prambanan berada di dua wilayah yang berbeda, yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta. Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.


Siapkan fisikmu begitu hendak memasuki kompleks Candi Prambanan. Pelatarannya sangat luas dan cukup menguras tenaga jika kamu menjamah semua arealnya. Tapi, semuanya akan terbayar ketika kamu berhasil mengabadikan momen terkeren di Instagram. Ada kepuasan tersendiri ketika bisa menikmati keindahan dan "keajaibannya" dengan mata kepala sendiri.


Tags

Share

Related Posts

Melihat-sisa-sisa-keganasan-gunung-merapi-di-kaliadem Melihat Sisa-Sisa Keganasan Gunung Merapi di Kaliadem
Keindahan pesona Gunung Merapi tak terbantahkan lagi yang beradu dengan misteri dan tragedi yang melingkupi gunung.
/
Niken Leitisha /
0 728 0
Mentari-pagi-di-pantai-wedi-ombo mentari pagi di pantai wedi ombo
mentari pagi di pantai wedi ombo
/
Pebrianto Budi Prabowo /
0 687 0