Anggit Sekar Anggit Sekar

5 Destinasi Air Terjun di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi, Seger Banget!

Selain kaya budaya dan sejarah, Yogyakarta juga memiliki wisata alam yang sangat menarik, terutama wisata air terjun. Cocok banget untuk kamu sambangi saat bulan Puasa seperti ini, sejuk dan menyegarkan.

Kalau berkunjung ke Yogjakarta, kamu nggak cuma bisa jalan-jalan ke tempat memiliki nilai budaya tapi juga wisata alam yang keren banget. Buat yang suka main air, di Jogja kamu juga bisa menikmati wisata sungai, pantai yang indah, dan air terjun.


Nah, berikut ini 5 destinasi air terjun yang bisa kamu kunjungi di Jogja dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (1/6):


1. Air Terjun Kembang Soka, Kulon Progo

Kabupaten Kulon Progo terletak di bagin barat Provinsi Yogyakarta. Nah, di kabupaten ini kamu bisa menemukan banyak destinasi air terjun yang masih alami. Nah, rekomendasinya adalah Air terjun Kembang Soka yang terletak di Dusun Kelir, Jatimulyo, Girimulyo. Air terjun ini tergolong cantik dan unik karena airnya memiliki dua warna, yaitu warna putih dan hijau toska.

2. Air Terjun Sri Gethuk, Gunungkidul

Siapa yang belum tahu Air Terjun Sri Gethuk? Fix kamu nggak hits. Karena air terjun yang satu ini ini populer banget. Sekadar informasi, Air Terjun Sri Gethuk ini pernah jadi lokasi syuting film Hollywood berjudul "Beyond Skyline" yang dibintangi oleh Iko Uwais. Air terjun Sri Gethuk terletak di Kabupaten Gunungkidul yang memang terkenal sebagai surganya wisata alam di Jogja. Akses jalannya gampang menuju ke tempat ini. Nah, untuk menuju air terjunnya, kamu harus menggunakan perahu tradisional, bukan perahu sih, semacam gethek bambu yang dijalankan menggunakan mesin. Asli asyik banget main air di sini.

3. Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul

Curug Indah Gedangsari, Gunungkidul Sumber: spadepicnic, -

Selain Kulonprogo, Gunungkidul yang dulunya terkenal akan kekeringan di musim kemarau tetap saja menyimpan pesona air terjun yang menawan. Satu lagi air terjun cantik yang bisa kamu kunjungi adalah air terjun yang terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari ini. Tempatnya memang indah dan terbagi menjadi dua bagian, yakni atas dan bawah. Pastikan berhati-hati kalau mau berfoto ria ya

4. Curug Gede, Nglanggeran, Gunungkidul

Kalau kamu pernah mendengar tentang gunung api purba Nglanggeran, lokasi air terjun ini tak jauh dari gunung tersebut. Air Terjun Curug Gede ini dikelilingi oleh tebing batu yang cukup tinggi serta semak belukar yang sangat rimbun di area tepi tebing. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan jatuhan air langsung menuju ke dasar. Curug Gede termasuk unik. Curug ini sungguh mengandalkan debit air yang berasal dari air hujan. Meski medan yang harus kamu lalui sedikit ekstrim, namun pemandangan yang kamu dapatkan disana akan membayarnya secara lunas, bahkan lebih.

5. Grojogan Sewu, Kulon Progo

Kalau ke Kulon Progo, kamu memang akan menemukan banyak air terjun. Salah satunya Grojogan Sewu yang terletak di Dusun Beteng, Jatimulyo, Girimulyo. Air terjunnya sangat cantik dan dirimbuni oleh pohon bambu serta taman kecil yang disusun cantik untuk menambah pesona air terjun ini. Nah, yuk ajak teman-temanmu ke sini, pasti asyik!

Share

Related Posts

Berburu-foto-di-seribu-batu-songgo-langit-bantul-sensasinya-serasa-di-negeri-dongeng Berburu Foto di Seribu Batu Songgo Langit Bantul, Sensasinya Serasa di Negeri Dongeng
Mencari spot foto yang kekinian sekarang menjadi fokus utama para wisatawan. Jadi, tidak heran bila kegiatan liburan sekarang selalu mengincar tempat-tempat yang keren untuk difoto.
/
Rosita Lestari /
3 478 0
Jatuh-cinta-dengan-kirana-di-goa-jomblang Jatuh Cinta dengan Kirana di Goa Jomblang
Pernahkah kalian mengalami momen dimana hidup hanya bergantung pada seutas tali yang melekat di badan? Tubuh kalian melayang di antara dedaunan yang tumbuh di dinding tebing, sedangkan tanah yang harus dijejak masih belasan meter di bawah.
/
Elisabeth Murni /
47 906 1