Dahlia Soraya Dahlia Soraya

5 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul yang Cantik nan Ciamik

Membahas Gunungkidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta, memang nggak ada habisnya. Deretan pantai dengan pasir putih, keindahan bawah laut dan pemandangan alam yang eksotis rasanya tak cukup satu hari untuk dijamahi

Meskipun dikenal sebagai daerah yang kering, namun Gunungkidul menyimpan banyak wisata pantai yang menjadi daya tarik tersendiri. Berikut beberapa pantai pasir putih Gunungkidul yang dapat jadi referensi wisatamu.


1. Pantai Nglambor yang Seru Buat Snorkeling

Pantai ini terletak di Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Sebelum sampai ke pantai ini kita akan disambut oleh pemandangan khas Gunung Kidul, pegunungan kars dengan pepohonan yang rindang serta ladang-ladang penduduk yang bertanamkan singkong. Ikon utama dari pantai ini adalah dua batu karang besar yang menyerupai kura-kura raksasa, yang satu akan menepi dan yang satu akan melaut.


Pantai ini paling cocok untuk kamu yang suka snorkeling karena airnya cukup jernih sehingga bisa melihat biota bawah lautnya sangat menarik. Dan satu lagi, pantai ini aman untuk snorkeling dan berenang tanpa takut tergulung ombak besar.


Untuk masuk ke pantai ini kamu dikenakan biaya Rp 5000 di Pos retribusi Pantai Siung dan untuk menyewa peralatan snorkling sebesar Rp. 35.000 – Rp. 50.000. Sedangkan, biaya lain seperti parkir motor sebesar Rp. 2000, dan mobil sebesar Rp. 2000.


2. Pantai Sadranan dengan View yang Sempurna

Pantai ini terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Deburan ombak yang menerpa hamparan pasir putih yang membentang menjadi pemandangan yang indah dan spot foto yang keren. Selain keindahan pasir putihnya, pantai sadranan juga terkenal dengan keindahan langitnya pada malam hari, sunset, deburan ombak, dan snorkling-nya.


Untuk masuk ke pantai ini kamu harus merogoh kocek Rp 10.000 di Pos retribusi Pantai Baron. Sementara untuk biaya parkir motor Rp 2.000, parkir mobil Rp 5.000, dan untuk menyewa alat snorkeling sebesar Rp 50.000.


3. Pantai Jogan, Perpaduan Air Terjun dan Laut Selatan

Pantai dengan air terjun ini terletak di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berjarak kurang lebih 74 km dari Pusat kota Yogyakarta. Pemandangan menarik dari pantai ini adalah air terjun yang berasal dari air sungai turun dan mengalir ke laut. Nah, untuk bisa merasakan sensasinya diguyur air terjun ini, kalian harus turun ke bawah. Selalu hati-hati ya karena jalannya yang licin.


Biaya untuk masuk ke pantai ini cukup terjangkau, kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp.3.000,- per orang dan sudah termasuk tiket ke pantai Siung. Sedangkan, ongkos parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp.2.000.


4. Pantai Ngerenehan, Semua Bisa Mencoba Jadi Nelayan

Pantai berpasir putih yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur ini tidak hanya menyajikan panorama laut, namun juga memberikah rezeki bagi para nelayan. Berbagai ikan diperoleh dari pantai ini.


Tak heran jika terdapat kapal-kapal nelayan yang berjejer rapi di tepi pantai. Pantai ini menawarkan sejuta pengalaman bagi kita yang ingin merasakan sensasi sebagai nelayan dan pemancing handal. Tiket masuk pantai Ngrenehan Rp 5.000, belum termasuk parkir. 


5. Pantai Sepanjang, Pantai dengan Garis Pantai yang Panjang

Ini dia pantai yang paling favorit dengan garis pantai yang panjang, berpasir putih, serta beberapa karang di tepinya ini mirip dengan pantai Kuta yang ada di Bali. Airnya biru, jernih, serta hamparan pasir putih yang terbentang panjang. Pasir di pantai ini lembut, berbentuk butiran halus dan di kanan kiri pantai terdapat tebing yang menjulang tinggi. Jadi cocok sekali untuk bermain pasir sembari melihat ombak yang berlarian menggulung ke bibir pantai. Seru sekali ya. Tiket masuk ke kawasan ini sekitar Rp 10.000 per orang. 


Related Posts

Pengen-hunting-sunset-tapi-duit-mepet-ke-sini-aja Pengen Hunting Sunset, Tapi Duit Mepet? Ke Sini Aja
Menikmati senja di candi tentu saja memiliki keindahan tersendiri. Namun apa jadinya jika candi tersebut letaknya di dataran yang cukup tinggi? Tentu saja akan lain cerita karena pemandangan yang disuguhkan pun semakin eksotis, seperti Candi Ijo ini.
/
Aqidatul Izza /
0 628 0
Dokar-and-malioboro Dokar & Malioboro
.
/
Widarko Hartono /
0 1091 0