Jeni Rikarasari Jeni Rikarasari

5 Tempat Rekomendasi untuk Menikmati Sunrise di Yogyakarta, Hunting Yuk!

Fenomena terbitnya matahari (sunrise) memang selalu memberikan perasaan dan sensasi tersendiri bagi orang yang menyaksikan salah satu keindahan alam tersebut. Karena suasana matahari terbit bisa membuat pikiran jadi fresh.

Tak harus mengunjungi tempat-tempat yang jauh di luar sana untuk bisa menyaksikan sunrise. Di Yogyakarta, kamu tetap bisa menikmati sunrise lalu mengabadikannya dengan kamera.


Di bawah ini adalah tempat-tempat terbaik di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi untuk berburu dan menikmati matahari terbit, yang dijamin akan membuatmu terkagum-kagum. Berikut daftarnya:


1. Candi Ratu Boko

Ratu Boko adalah sebuah peninggalan sejarah sejak jaman kerajaan Majapahit. Perbukitan yang hijau berpadu dengan bangunan candi yang berwarna coklat keabu abuan menjadikan perpaduan yang menarik. Kalian pasti sudah dengar tentang keindahan sunset yang dihadirkan di Candi Ratu Boko. Namun ternyata tak hanya sunset, disini kalian juga bisa menyaksikan sunrise di pagi hari yang tak kalah menakjubkan.


Untuk menuju lokasi Ratu Boko kamu dapat menjangkaunya dari Candi Prambanan dan menuju arah selatan dan di sana nanti akan ada petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke objek Candi Ratu Boko. Tepatnya ada di wilayah dua Dukuh, berlokasi di Dukuh Dawung, Desa Bokoharjo dan Dukuh Sumberwatu, Desa Sambireja, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Indonesia, adapun titik GPS @-7.7705363,110.4872271.



2. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu situs Warisan Dunia versi UNESCO yang terletak 20 km arah timur kota Yogyakarta. Sebagai objek wisata, pemandangan candi dan alam yang melingkupinya sangat indah baik di malam maupun siang hari. Pemandangan menjadi lebih spektakuler ketika candi ini dibalut oleh cahaya alam matahari terbit.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis juga merupakan sebuah kawasan wisata yang sempurna untuk menikmati matahari menikmati matahari terbit (sunrise). Jika kamu datang di pagi hari, jangan lupa untuk menyiapkan kameramu agar tak ketinggalan momen cantik sunrise di pantai ini.  Atau kalian juga bisa melakukan camping di area ini agar tidak melewatkan moment sunrise.

4. Puncak Suroloyo

Di Puncak Suroloyo terdapat beberapa gardu pandang yang bisa dijadikan tempat sunrise. Untuk mencapai gardu pandang tersebut wisatawan harus berjalan kaki mendaki ratusan anak memang lumayan menghabiskan tenaga. Tapi, segala lelahmu akan terbayar dengan sunrise cantik yang muncul dan akan membuatmu terpesona. Puncak Suroloyo ini terletak di Kulonprogo.

5. Alun-alun Kidul Yogyakarta

Pada pagi hari, Alun-alun Kidul ini biasa digunakan untuk berolahraga. Mulai dari jogging hingga sepedaan. Ada juga yang bermain sepak bola di tengah alun-alun. Tapi, ada bonus yang bisa kamu dapatkan kalau kamu datang ke sini lebih pagi. Ya, kamu bisa mendapat hadiah sambutan matahari terbit yang cukup indah.


Jadi, tempat yang mana dulu yang akan kamu datangi untuk berburu matahari terbit? Selamat jalan-jalan!


Related Posts

Bluehour-pantai-wediombo Bluehour Pantai Wediombo
Ini adalah sisi selatan Pantai Wediombo, Gunungkidul. Ada hamparan luas disini selalu digenangi air yg akan membentuk refleksi keren. Tempat ini berada kurang lebih 2 meter diatas permukaan laut. Tapi hati-hati kalau ke spot ini ya.
/
Widarko Hartono /
0 521 0
Pantai-watu-lumbung Pantai Watu Lumbung
Pantai keren yang tidak terlalu ramai ini punya spot foto yang khas untuk diabadikan. Lokasinya berseberangan dengan pantai Wediombo. Dinamakan pantai Watu Lumbung, mungkin karena batu2 karangnya yang banyak & besar.
/
Widarko Hartono /
0 495 0