Sumber: Dok. Pribadi
Mita Vacariani Mita Vacariani

7 Museum Keren di Jogja yang Instagram-able

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Museum-museum di Jogja ini menawarkan wisata yang seru, berbeda, dan menambah wawasan. Dijamin wisata kamu akan anti mainstream dan menyenangkan.

Jogjakarta memang kota yang memiliki sejumlah tempat indah dan menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu tidak heran jika Jogja selalu menjadi destinasi wisata oleh para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Keramahan penduduknya juga menjadi daya tarik sendiri bagi kota yang dijuluki kota gudeg ini.

Selain itu, kota ini juga menyimpan banyak cerita sejarah yang sayang untuk dilewatkan. Cerita yang tersimpan di antara benda-benda sejarah di museum-museum di Jogjakarta ini menawarkan pengalaman seru tersendiri, sekaligus akan menambah pengetahuan dan wawasan. Jadi buang dulu jauh-jauh pemikiran kalau wisata ke museum itu membosankan, di sini kamu bisa bersenang-senang sambil belajar, sekaligus menambah koleksi foto kamu. Yuk kita lihat 7 museum keren di Jogja yang instagram-able ini :


1. Museum Ulen Sentalu

Museum Ulen Sentalu Sumber: Dok. Pribadi

Siapa yang menyangka di antara kesejukan dan kedamaian lereng merapi terdapat sebuah museum. Tepatnya terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, museum ini berisi benda-benda sejarah, patung, dan alat tradisional budaya Jawa. Masuk ke areanya kita akan ditemani oleh pemandu berpengalaman yang akan menceritakan sejarah di balik benda-benda tersebut. Suasana hening menyatu dengan sejuknya alam akan semakin membuat kamu nyaman ketika berkeliling di museum ini. Tidak salah jika museum ini mendapat predikat museum terbaik di Indonesia pilihan wisatawan versi Trip Advisor.


2. Museum Affandi

Museum Affandi Sumber: Dok. Pribadi

Bagi kamu pecinta lukisan dan karya seni, museum Affandi tentunya wajib ada di bucket list kamu. Museum yang terletak di Jalan Laksda Adisucipto no 167 ini merupakan tempat tinggal, studio lukis, sekaligus galeri milik maestro lukis Indonesia, Affandi. Setelah beliau wafat tempat ini kemudian dibuka untuk umum menjadi museum yang memajang hasil karya beliau. Tidak hanya lukisan, di sini juga ada barang-barang peninggalan Affandi seperti mobil antik, sepeda ontel, dan barang-barang lain. Setelah puas berkeliling museum yang terdiri dari 3 galeri ini, kamu bisa naik ke menara untuk melihat seluruh pemandangan di area museum. Jika ingin beristirahat, kamu bisa santai sejenak sambil menikmati kudapan di cafe loteng yang masih ada di area museum affandi.

3. Museum Kereta Keraton

Museum Kereta Keraton Sumber: Dok. Pribadi

Terletak tidak jauh dari keraton Jogjakarta, museum ini menyimpan berbagai koleksi kereta kuda keraton kesultanan Jogjakarta. Beberapa kereta ada yang sudah berumur ratusan tahun dan sebagian masih digunakan untuk kepentingan acara keraton. Uniknya kereta-kereta di sini masih dianggap sebagai benda pusaka keraton sehingga mendapat penghormatan berupa ritual yang disebut Jamasan. Jamasan adalah kegiatan memandikan, memberi ‘makan’ berupa sesaji, dan mendoakan benda pusaka. Ritual yang hanya dilakukan setahun sekali ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Berkeliling museum ini lebih seru jika didampingi petugas yang akan menceritakan sejarah di balik kereta-kereta yang ada.


4. Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga Sumber: Dok. Pribadi

Ingin bernostalgia dengan permainan sewaktu anak-anak? Penasaran dengan sejarah mainan di seluruh Indonesia? Di sinilah tempatnya kamu dapat menemukan berbagai mainan tradisional anak dari seluruh Indonesia. Museum ini terletak di area Taman Budaya Jogjakarta. Dinamakan Museum Anak Kolong Tangga karena letaknya yang persis berada di kolong tangga. Museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi mainan, gambar, buku cerita, dan lain-lain dari seluruh Indonesia bahkan dari negara lain. Di museum ini sering diadakan workshop untuk aneka kegiatan anak-anak di akhir pekan. Serunya lagi, bagi pengunjung yang datang rombongan (minimal 15 orang), pengunjung dapat meminta kepada pihak pengelola museum untuk diadakan workshop permainan tradisional. Asyik kan??

5. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi Sumber: Dok. Pribadi

Masih di area lereng merapi yang sejuk, ada lagi satu museum yang menarik untuk dikunjungi yaitu Museum Gunung Merapi. Museum ini dibangun sebagai sarana edukasi untuk memberi pemahaman pentingnya upaya pencegahan bencana, dan menjadi sarana edukasi tentang gunung-gunung aktif di dunia. Di museum ini kamu bisa melihat maket gunung merapi yang besar, alat-alat peraga tsunami, gempa, dan masih banyak lagi. Di sini juga ada teater mini yang menayangkan film dokumenter “Di Bawah Langit Merapi”. Menambah ilmu sambil jalan-jalan pasti jadi menyenangkan di sini.

6. De Arca dan De Mata Trick Eye Museum

De Arca Dan De Mata Trick Eye Museum Sumber: Dok. Pribadi

Kedua museum ini berada di satu lokasi yaitu di Pasar Seni XT Square, Jl Veteran Pandeyan, Yogyakarta. De Arca Museum merupakan museum patung pertama di Indonesia. Memiliki konsep yang hampir sama dengan Museum Patung Lilin Madam Tussaud di Hongkong, di museum ini kamu bisa melihat berbagai tokoh nasional maupun tokoh dunia dan berfoto dengan mereka. Kapan lagi kan bisa berfoto dengan presiden Soekarno atau Brad Pitt yang berdiri dengan gagahnya.

 Tidak jauh dari situ terdapat De Mata Trick Eye Museum yang berisi berbagai koleksi gambar 3 dimensi yang dapat menipu mata. Di sini kamu bisa berfoto seakan sedang naik balon udara, menerima bunga dari Sri Sultan Hamengkubuono, dan masih banyak lagi. Koleksi gambar di museum ini diganti secara berkala, jadi kamu tidak akan bosan jika mengunjungi tempat ini lagi. Yuk siapkan kamera dan saatnya menambah koleksi foto kamu di kedua museum ini.


7. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg Sumber: Dok. Pribadi

Ingin berfoto dengan latar gedung-gedung bersejarah yang megah, di sinilah tempatnya. Museum Benteng Vredeburg terletak di Jalan Ahmad Yani No 6, tidak jauh dari jalan Malioboro. Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan kuno peninggalan jaman Belanda yang memiliki arsitektur yang indah. Di sini kamu bisa melihat aneka diorama, mulai dari perang Diponegoro hingga terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Suasana di sekitar museum menjadi semakin nyaman dengan banyaknya pohon-pohon. Selain itu bagi pengunjung yang membawa anak tersedia playground yang cukup luas untuk area bermain. Karena gedung-gedung tempo dulunya memiliki arsitektur yang indah, tempat ini juga seringkali digunakan sebagai tempat foto prewedding.

Menarik bukan? Yuk tunggu apa lagi, main ke museum.


Related Posts

Mau-pintar-ayo-ke-taman-pintar Mau Pintar? Ayo Ke Taman Pintar
Taman Pintar? Ini maksudnya taman dimana yang masuk kemudian keluar langsung jadi pintar atau gimana ya? Mustahil banget deh kalau jadi pintar tanpa belajar. Makanya nih, kali ini kita akan belajar bareng di Taman Pintar. Yuk...
/
Earny Hermawan /
0 759 0
Pantai-watu-lumbung Pantai Watu Lumbung
Pantai keren yang tidak terlalu ramai ini punya spot foto yang khas untuk diabadikan. Lokasinya berseberangan dengan pantai Wediombo. Dinamakan pantai Watu Lumbung, mungkin karena batu2 karangnya yang banyak & besar.
/
Widarko Hartono /
0 575 0