Yuni Lestari Yuni Lestari

Buat Kamu Penikmat Belut, Wisata Kuliner Ini Pasti Pas Untuk Kamu!

Ketika memasuki sentra olahan belut ini, kamu bakal menemui puluhan pedagang jajanan keripik belut. Jika lebih masuk lagi kamu akan menemui olahan belut basah (makanan berat) yang mana mereka adalah pemenang lomba olahan belut yang diadakan pemerintah.

Sejak tahun 2014 lalu Dinas Pasar Pemerintah Kabupaten Sleman Yogyakarta meresmikan Pusat Kuliner Belut Godean yang terletak di Jalan Godean km 10. Kamu dapat menemukannya sekitar 1 km sebelah timur Pasar Godean.


Awalnya, seperti dijelaskan salah seorang penjual olahan belut basah, kuliner belut ini berada di area Pasar Godean, dengan alasan ketertiban karena para pembeli bermobil seringkali memarkir kendaraan di pinggir jalan yang mengakibatkan macet, maka dilokalkanlah olahan belut ini oleh pemerintah.


Ketika memasuki sentra olahan belut ini, kamu bakal menemui puluhan pedagang jajanan keripik belut. Jika lebih masuk lagi kamu akan menemui olahan belut basah (makanan berat) yang mana mereka adalah pemenang lomba olahan belut yang diadakan pemerintah. Untuk olahan kering sudah lebih dulu yaitu sejak Februari 2014, sedangkan olahan basah baru sejak Januari 2015. Warung-warung belut ini biasanya ramai ketika akhir pekan dan hari libur.


Di sentra kuliner ini, belut didapat dari Jawa Timur sebab budidaya belut yang ada di Kulon Progo masih belum mampu memenuhi kebutuhan belut di sini. Harga belut hidup berkisar Rp 38.000 - 45.000 tergantung ukuran serta musim. Semisal saat bulan purnama belut malah menjadi jarang persediaan.


Empat warung olahan belut basah di sini masing-masinng menyediakan menu yang berbeda. Di Lesehan Pendopo milik Mbak Atin tersedia rica-rica belut, gulai belut, belut geprek, bothok belut, aneka sambal belut, belut goreng pedas manis, serta aneka saos belut. Warung yang lain menawarkan rendang belut, tongseng belut, balado belut, opor belut, serta oseng belut. Lain lagi warung Rahmah, di sini disajikan belut goreng pandan, sambel belut goreng, wader goreng, sambel wader. Sedangkan warung Yu Sud punya masakan khas mangut belut.


Keripik belut dihargai Rp 90.000-100.000 per kg. Serta olahan basah kisaran Rp 15.000 per porsi.


Kamu tertarik mencicipi kuliner unik ini? Kalau berkunjung ke Jogja jangan lupa mampir ya!


Tags

Share

Related Posts

Madam-tan-ristorante-lezatnya-sajian-pizza-dengan-bumbu-rempah-khas-indonesia Madam Tan Ristorante: Lezatnya Sajian Pizza dengan Bumbu Rempah Khas Indonesia
Apa sih Madam Tan Ristorante ? Pasti mikirnya bukan masakan lokal dari Indonesia? Memang bukan. Eitss, tapi jangan salah, walaupun mengambil konsep restoran Italia, Madam Tan Ristorante tetap menyajikan masakan dengan cita rasa khas Indonesia.
/
Anisa Karina /
3 966 0
5-kedai-kopi-paling-hits-di-jogja-enak-dan-bikin-pengen-nongkrong-lagi 5 Kedai Kopi Paling Hits di Jogja, Enak dan Bikin Pengen Nongkrong Lagi!
Warung-warung kopi ini biasanya menjadi tempat favorit nongkrong berbagai kalangan dari anak muda, komunitas pengusaha, hingga keluarga.
/
Eva Yuliana /
2 6168 0