Sumber: instagram.com/k3ndart0, -
Claudia Angela Claudia Angela

Candi Banyunibo, Situs Tersembunyi di Tengah Sawah Kota Pelajar

Sebagai kota budaya di Indonesia, Yogyakarta memiliki banyak situs bersejarah. Tak hanya Candi Prambanan dan Candi Borobudur saja. Kini ada sebuah kompleks candi tersembunyi bernama Candi Banyunibo.

Kehadiran Candi Banyunibo ini oleh wisatawan lokal dijadikan destinasi baru ketika menyambangi "Kota Gudeg” tersebut. Letaknya yang berada di kawasan petakan sawah membuat candi begitu memesona dan indah sekali.


Uniknya lagi, candi tersebut berbeda dibandingkan candi kebanyakan. Di mana candi ini sangat kecil dan berdiri di tengah hamparan sawah dikelilingi perbukitan kapur. Di bagian atap candi reliefnya berbentuk seperti tanaman bunga teratai yang membuatnya berbeda dibandingkan situs candi pada umumnya.


Di sekitar komplek candi yang sudah ada sejak abad ke-9 oleh Kerajaan Mataram Kuno terdapat 3 stupa, namun bentuknya sudah cukup hancur karena terkikis oleh bencana alam. Namun, wisatawan masih bisa menelusuri tempat peribadatan umat Buddha ini dengan masuk ke dalam candi.


Meski berukuran kecil dan mungil, namun keindahan alam yang didapatkan banyak memberikan memori indah bagi setiap pengunjungnya. Bayangkan saja, jika kamu datang saat sore hari di mana angin sejuk akan menghempas masuk ke kulit terluarmu, rasa kantuk dan rileks pun segenap pasti terasa begitu saja.


Selain itu panorama cantik lainnya seperti sawah dan tebing menjadi latar terbaik jika mengabadikan momen dengan kamera. Candi Banyunibo ini menghadirkan kesempurnaan panorama budaya dan alam yang masih sangat natural dan indah.


Nah, jika kamu penasaran untuk melihatnya langsung, langsung saja kunjungi Candi Banyunibo di kawasan Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Kamu tinggal arahkan kendaraan menuju kota Wonosari sekitar 6.5 km dari Yogyakarta. Nah, begitu sampai di pertigaan lampu lalu-lintas dekat Pasar Prambanan, belok ke kanan (selatan) menuju Jl. Raya Prambanan – Piyungan. Jalan terus. Jika nanti ada papan petunjuk belok ke kiri menuju Keraton Ratu Boko maka ikuti, belok ke kiri. Ikuti jalan dusun dengan pemandangan sawah sampai ada petunjuk kedua untuk belok ke kiri menuju Keraton Ratu Boko. Tapi jangan belok kiri ya, tetap jalan terus saja. Sekitar 50 meter akan nampak bangunan candi yang berdiri sendiri di tengah sawah. Nah, disanalah Candi Banyunibo berada.


Share

Related Posts

Mau-ngopi-di-atas-bukit-ke-kedai-wedangan-watu-lumbung-aja Mau Ngopi di Atas Bukit? Ke Kedai Wedangan Watu Lumbung Aja!
Sudah sejak lama ritual ngopi menjadi aktivitas yang tidak pernah dilewatkan bagi sebagian besar orang, khususnya pecinta kopi. Di utara Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, ada tempat ngopi yang menawarkan pengalaman ngopi di atas bukit lho!
/
Darin Rania /
18 2082 0
6-wisata-malam-khas-jogja-yang-selalu-dirindukan 6 Wisata Malam Khas Jogja yang Selalu Dirindukan
Yogyakarta memang menyuguhkan keelokan yang seolah tak ada habisnya. Romantisme Jogja yang tertanam di benak banyak orang yang pernah menjadi bagian darinya tak pelak selalu membuat kita rindu.
/
Sinta Merisa /
6 641 0