Sumber: Dok. Pribadi
Darin Rania Darin Rania

Cita Rasa Dessert Khas Korea di Yogyakarta

Bagi kalian para penggemar K-Pop Culture pasti sudah tak asing lagi dengan istilah Patbingsu/Patbingsoo, yang dalam bahasa Korea berarti minuman es (bingsoo) dari kacang merah (pat). Minke Red Bean Dessert di Jogja, menyajikan varian menu es ala Korea.
Berlokasi di Jalan Gambir dan Jalan Sardjito Yogyakarta, Minke Red Bean Dessert mengusung konsep sajian es serut ala Korea atau yang lebih populer dengan sebutan Patbingsu/Patbingsoo. Minke dikenal dengan konsistensinya menggunakan bahan dasar kacang merah di hampir setiap menu yang ditawarkan. Mulai dari es serut kacang merah dengan berbagai macam jenis toping yang bisa dipilih, hingga menu makanan seperti dorayaki dengan filling kacang merah. Kemajuan pesat yang dialami Korea dalam memperkenalkan kebudayaan mereka kepada seluruh dunia, juga berimbas pada ketertarikan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia akan kebudayaan negeri ginseng tersebut. Buktinya, kedai yang buka setiap hari dari pukul 11.00 sampai 22.00 ini selalu ramai pengunjung, terutama anak-anak muda. Berdiri sejak tahun 2013, Minke Red Bean Dessert menawarkan pengalaman kepada pengunjungnya untuk menikmati sajian khas Korea melalui varian menu yang dibuat dengan penuh cinta.

1. Sedikit Sejarah Tentang Minke Red Bean Dessert

Sedikit Sejarah Tentang Minke Red Bean Dessert Sumber: Dok. Pribadi
Minke didirikan oleh sekelompok pemuda asal Yogyakarta pada tahun 2013. Awalnya, Minke hanya dapat ditemukan di Sunday Morning atau yang lebih dikenal dengan Sunmor. Sunmor adalah tempat wisata belanja yang digelar setiap hari Minggu pagi, di sepanjang kawasan Lembah Kampus UGM. Berawal dari sebuah gerobak sederhana untuk berjualan di Sunmor, Minke membuka gerainya pertama kali pada awal tahun 2014. Gerai pertama berlokasi di Jalan Gambir (Deresan). Satu tahun kemudian, dibuka gerai yang kedua di Jalan Monjali. Namun beberapa bulan kemudian gerai kedua pindah ke Jalan Sardjito, hingga sekarang. Nama Minke sendiri diambil dari nama tokoh di salah satu novel sastra karya Pramoedya Ananta Toer. Sedangkan logo paus dianggap merepresentasikan kekuatan yang juga ingin diusung oleh pemiliknya, dengan harapan Minke mampu bertahan di tengah derasnya arus kemajuan jaman.

2. Menu Es Serut Kacang Merah Dengan Varian Toping Memanjakan Lidah

Menu Es Serut Kacang Merah Dengan Varian Toping Memanjakan Lidah Sumber: Dok. Pribadi
Jika kamu mengunjungi Minke, kamu harus bersiap bingung karena kamu akan dihadapkan pada berbagai macam pilihan menu yang kesemuanya tampak menggoda. Patbingsoo sendiri, pada awalnya hanya berupa es serut dengan topping kacang merah di atasnya yang cocok disantap saat musim panas di Korea. Namun semakin berkembangnya kreativitas manusia, banyak yang membuatnya dengan menambahkan varian topping lain seperti buah-buahan, kacang-kacangan, susu, eskrim, madu, biskuit, dan lain-lain. Begitu pun di Minke. Kamu tidak hanya akan menemukan satu-dua topping saja. Minke punya banyak pilihan varian topping yang bisa kamu pilih sesuai selera. Selain menu-menu es serut, Minke juga menyajikan menu es krim, parfait, milkshake, dan makanan-makanan ringan seperti dorayaki, french fries, nachos, dan lainnya. Semua menu tersebut dibanderol dari harga Rp 10.000 hingga Rp 30.000. Sangat terjangkau bagi kamu para mahasiswa.

3. Jar of Joy! Salah Satu Menu Unik di Minke

Jar Of Joy! Salah Satu Menu Unik Di Minke Sumber: Dok. Pribadi
Dari namanya saja sudah membuat penasaran, ditambah foto minuman tersebut di buku menu, tentu membuat semakin ingin mencoba menu satu ini. Jar of Joy adalah menu milkshake dengan modifikasi varian topping dan eskrim yang bisa dipilih sesuai selera. Pertama, kamu pilih rasa milkshakenya, seperti karamel, greentea, milk tea, atau yang lainnya. Kedua, pilih 3 topping pilihan kamu, seperti corn flakes, koko crunch, fruit loops, meses, atau yang lainnya. Ketiga, pilih rasa eskrim favorit kamu, bisa green tea, vanilla, atau lainnya. Dengan porsi minuman sebesar Jar of Joy, kamu bisa menikmatinya berdua dengan temanmu.

4. Setiap Gerai Minke Punya Spot Foto Unik

Setiap Gerai Minke Punya Spot Foto Unik Sumber: Dok. Pribadi
Di salah satu gerai Minke tepatnya di Jalan Gambir, terdapat hiasan dinding yang berisi foto-foto pengunjung Minke saat awal-awal dibukanya gerai pertama tersebut. Dengan disertai lambang "LOVE" dan tulisan "All You Need is Love and Dessert", dekorasi dinding tersebut dapat dijadikan latar berfoto kamu dan teman-teman jika kamu berkunjung ke Minke cabang gambir. Satu lagi yang unik dari Minke Red Bean Dessert, setiap pengunjung selesai melakukan transaksi dan akan pergi, para staf akan kompak meneriakkan slogan Minke "Jangan Lupa Jatuh Cinta".

Related Posts

Eksotisme-perbukitan-menoreh-dari-taman-wisata-alam-kalibiru Eksotisme Perbukitan Menoreh dari Taman Wisata Alam Kalibiru
Selain pemandangan eksotis, kamu juga bisa mendapat semburan adrenalin di Kalibiru ini.
/
Rendi Pangkisuwito /
19 898 0
Jangan-lupa-piknik-biar-gak-panik Jangan Lupa Piknik Biar Gak Panik
Jangan Lupa Piknik Biar Gak Panik Jalan-Jalan terus biar kayak orang-orang.
/
Hildan Putra Dwika /
0 880 0