Sumber: Dok. Pribadi
Galih Yoga Galih Yoga

Desa Mangunan, Paket Lengkap Berwisata di Yogyakarta

Tidak punya waktu banyak untuk liburan, tapi tetap ingin melihat pemandangan yang bagus? Cobalah datang ke desa Mangunan! Di sana ada tempat-tempat wisata yang bisa kita gunakan untuk menikmati sunrise hingga sunset cukup dalam waktu sehari saja.

Bicara tentang wisata di Jogjakarta seakan tidak ada habisnya, karena saat ini makin banyak objek wisata baru yang layak untuk dikunjungi. Salah satu daerah yang saat ini sedang giat mengembangkan wisatanya adalah Desa Mangunan. Desa yang terletak di Dlingo, Bantul ini ternyata tidak hanya memiliki Wisata Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Imogiri saja, tetapi sekarang ada beberapa lokasi baru yang kini menjadi tempat “hits” di Yogyakarta, misalnya Hutan Pinus Asri, Bukit Mojo Gumelem dan Jurang Tembelan Kanigoro.

1. Hutan Pinus Asri

Hutan Pinus Asri Sumber: Dok. Pribadi

Hutan Pinus Asri ini lokasinya tidak begitu jauh dari hutan pinus Imogiri yang sudah terkenal lebih dulu dan saat saya berkunjung ke tempat ini belum ada tiket masuk yang ditetapkan, pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir saja. Hutan pinus Asri ini bisa menjadi alternatif jika ingin mengunjungi hutan pinus yang relatif lebih sepi. Dari segi pemandangan, hutan pinus Asri dan Imogiri sebenarnya tidak jauh berbeda, yang membedakan adalah hutan pinus Asri ini lokasinya sedikit lebih terjal dan dibuatkan spot-spot menarik yang dapat kita gunakan untuk berfoto. Kita juga bisa bersantai dengan memasang hammock diantara pepohonan pinus yang ada. Bahkan kabarnya di area hutan pinus Asri ini sekarang telah dibangun gardu pandang untuk menyaksikan matahari terbit. Jadi hanya di satu tempat kita bisa melihat sunrise lalu menikmati suasana hutan pinus yang berkabut ketika pagi hari, syahdu kan?

2. Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem Sumber: Dok. Pribadi

Tempat wisata lain yang bisa dikatakan baru di Mangunan adalah bukit Mojo Gumelem. Di tempat ini ada beberapa spot-spot foto yang disediakan oleh pengelola, dan yang paling baru adalah spot sarang burung. Dengan membayar 5000 rupiah kita sudah bisa berfoto layaknya burung yang sedang hinggap disarang. Kata salah seorang pengelola, jika pengunjung sudah semakin banyak, spot ini akan digratiskan seperti spot-spot foto yang lainnya. Selain sarang burung, ada pula lokasi foto yang berbentuk bunga matahari, jembatan dan beberapa spot lainnya. Meskipun tempat ini dinamakan bukit, tapi jalan menuju lokasi ini bisa dibilang landai dan pengunjung hanya perlu berjalan kaki sebentar dari area parkir untuk menuju spot-spot foto. Bahkan di bukit Mojo ini sudah tersedia beberapa warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman sehingga pengunjung tidak perlu khawatir akan merasa haus ataupun kelelahan. Sayangnya akses kendaraan menuju bukit Mojo masih lumayan sulit, karena harus melalui jalan desa yang sempit dan rusak di beberapa titik.

3. Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro Sumber: Dok. Pribadi

Jurang Tembelan ini bisa dikatakan yang paling hits diantara dua lokasi wisata sebelumnya. Jurang Tembelan memiliki ikon yaitu spot foto berbentuk kapal yang jika cerah akan terlihat sungai Oyo dan perbukitan di seberangnya. Namun tak jarang juga pengunjung datang untuk melihat kabut dari ketinggian yang menyelimuti ladang di bawahnya. Fasilitas yang ada disini pun sudah cukup lengkap mulai dari warung makan, toilet hingga musholla. Jurang Tembelan Kanigoro sangat tepat jika dijadikan penutup ketika sedang berwisata di desa Mangunan, karena jika cuaca cerah, dari tempat ini kita bisa berfoto di atas kapal berlatarkan warna-warni senja yang membahana.


Berwisata di Desa Mangunan ini sangat cocok bagi yang tidak memiliki waktu lama untuk berlibur, karena untuk mengunjungi lokasi wisatanya, bisa ditempuh dalam satu hari saja mulai dari sunrise sampai sunset. Tetapi bagi yang masih kurang puas, di desa ini juga sudah tersedia homestay yang bisa digunakan pengunjung untuk bermalam. Tempat-tempat wisata yang ada di Mangunan ini dikelola langsung oleh masyarakat sekitar, jadi selain bisa berwisata lengkap kita juga bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar bukan?

Related Posts

Tempat-liburan-di-jogja-paling-pas-khusus-para-kutu-buku Tempat Liburan di Jogja Paling Pas Khusus Para Kutu Buku
Siapa bilang para kutu buku nggak bisa liburan atau menikmati tempat seru di Jogja? Ada lho toko buku atau perpustakaan yang menyediakan spot unik dan seru untuk menikmati kegiatan membacamu atau berbelanja buku.
/
Mika Angelina /
0 668 0
Momen-magis-perayaan-waisak-di-candi-borobudur Momen Magis Perayaan Waisak di Candi Borobudur
Setiap tahunnya ada yang selalu dinanti ketika hari Waisak tiba, yaitu pelepasan lampion secara serentak di Candi Borobudur. Dari begitu banyaknya lampion yang berkilauan, kemudian berpadu dengan gelapnya langit malam akan memberikan efek magis.
/
Ranti Kinan /
0 523 0