Sumber: Dok. Pribadi
Ika Ibtisamika Ika Ibtisamika

Desir Angin Sejuk dari Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

Pengalaman yang luar biasa menikmati pendakian menuju puncak Gunung Nglanggeran, satu-satunya gunung api purba di Jogjakarta. Wisata yang menyajikan pemandangan alam hijau nan luas dan memanjakan mata kita dengan perpaduan keserasian alam pegunungan.

Rasanya nggak lega kalau belum pernah naik gunung alias hiking, itulah yang saya rasakan ketika di bangku kuliah. Keinginan untuk ikut pendakian nggak kesampaian gara-gara tidak diijinkan orang tua. Harus kah melanggar ? Oh tidak! Lebih baik memendam ego karena kesenangan pribadi daripada mengorbankan perasaan orang tua. Wah, malah sampai kesana ceritanya :) Padahal hanya ingin berbagi cerita kecil mendaki gunung api purba....akhirnya saya "hiking" :) 

Gunung Nglanggeran adalah sebuah gunung   yang  terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul yang berada pada deretan Pegunungan Sewu, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Gunung ini adalah satu-satunya gunung api purba di Jogja yang terbentuk dari pembekuan magma yang terjadi kurang lebih 60 juta tahun yang lalu dan tersusun oleh batuan beku berupa andesit, lava dan breksi andesit. Berdasarkan penelitian,  Gunung Nglanggeran berasal dari Gunung api dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan jutaan tahun lalu. Gunung ini memiliki bebatuan besar yang menjulang tinggi sehingga biasanya digunakan sebagai jalur pendakian dan tempat untuk pertapaan warga. Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut, dengan luas kawasan pegunungan mencapai 48 hektar. (Sumber : www.wikipedia.org)

Perjalanan menuju puncak gunung akan melewati jalanan tanah dan lorong bebatuan yang sempit namun bagi pencari spot foto, hal ini justru jadi daya tarik tersendiri. Tenang saja, kita nggak akan kesasar karena papan-papan penunjuk jalan atau rute sudah tersedia dengan rapi. Sebelum sampai puncak ada beberapa pos atau tempat istirahat, kalau capek kita bisa berhenti sejenak dan menikmati pemandangan yang sudah bikin deg-degan......bagus banget !! Kalau berangkat pagi atau siang kita bisa melihat hamparan hijau yang luas, menikmati deretan awan membiru dan cekrekkk...jadi spot kece badai disini :) 

Pilihan waktu juga menjadi penentu pemandangan yang bisa kita nikmati lho :) Kalau memang mau dapat pemandangan sunrise, bisa berangkat malam hari atau dini hari jadi pas sunrise kita sudah ada di puncak. Bahkan beberapa orang yang saya temui di puncak , ternyata banyak juga yang menginap dengan mendirikan tenda. Ya tentu saja kalau mau menginap harus persiapan bawa alat tempur untuk kemah :) ok ?! Kebetulan saya dan teman-teman mulai mendaki di siang hari, jadi pas sampai puncak kami dapat menikmati sunset. Meskipun sayang sekali karena waktu itu cuaca agak mendung, sehingga tertutup awan. 

Tak hanya bisa menikmati sunrise maupun sunset, tapi dari puncak Gunung Nglanggeran kita bisa melihat embung atau telaga dengan luas sekitar 5.000 meter persegi. Embung Nglanggeran ini menampung air hujan untuk mengairi kebun buah di sekitarnya, selain itu pada saat kemarau juga digunakan untuk mengairi sawah petani sekitar.  Nggak kalah menarik juga pemandangan dari dekat embung ini, jika kita tertarik bisa kok dikunjungi/dinaiki menggunakan tangga di sisi embung. Sampai di embung kita bisa menikmati matahari tenggelam dan spot menarik sisi gunung api purba dari bawah.  

Tertarik kesana ? akses jalannya mudah kok, sudah ada teknologi GPS juga kan. Nah, untuk tiket juga super murah mulai dari 10.000 per orang (waktu itu), kalaupun naik saya yaki ngga sampai 50.000 kok, hehehe. Untuk area parkir juga luas kok, ada pendopo juga yang disewakan untuk kegiatan family gathering, reuni, dan lain-lain. Daripada penasaran terus sampai mimpi-mimpi, yuuk ke Gunung Api Purba Nglanggeran Jogjakarta. 

(Ika Ibtisamika, 2017)




  

Related Posts

Pantai-nguyahan-dan-ngobaran-mampu-hadirkan-pesona-sunset-bali Pantai Nguyahan dan Ngobaran Mampu Hadirkan Pesona Sunset Bali
"Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui." Maksud hati untuk mudik, ternyata liburan rasa Bali-pun kami dapati.
/
Feriyana Sari /
205 1435 3
Bluehour-pantai-wediombo Bluehour Pantai Wediombo
Ini adalah sisi selatan Pantai Wediombo, Gunungkidul. Ada hamparan luas disini selalu digenangi air yg akan membentuk refleksi keren. Tempat ini berada kurang lebih 2 meter diatas permukaan laut. Tapi hati-hati kalau ke spot ini ya.
/
Widarko Hartono /
0 464 0