Darin Rania Darin Rania

Harvest Moon di Kehidupan Nyata Ada di Jogja Lho!

Siapa sih yang nggak kenal game fenomenal Harvest Moon? Dalam game ini si pemain diharuskan mengelola rumah, peternakan, perkebunan, dan lain-lain untuk kemudian dimanfaatkan hasilnya. Nah, Bumi Langit di Jogja memiliki konsep mirip dengan game ini lho!
Berlokasi di Desa Giriloyo, Imogiri, Bantul, Yogyakarta, Bumi Langit menyajikan alternatif baru menikmati alam sekaligus belajar tentang dunia pertanian, perkebunan, ataupun peternakan. Berada di kawasan pegunungan dengan ketinggian 350 meter di atas permukaan laut, membuat pemandangan yang tersaji disana sangat cocok untuk traveler yang ingin mengabadikan foto pemandangan Yogyakarta. Tidak hanya menyajikan pemandangan syahdu, Bumi Langit juga menyediakan restoran yang dinamakan Warung Bumi, dengan pilihan menu beragam dan dibuat dengan bahan-bahan organik hasil perkebunan sendiri. Selain itu pengunjung juga diperbolehkan berkeliling kebun dan lingkungan sekitar lokasi untuk sekedar mencari spot foto atau mencari ilmu mengenai teknologi-teknologi pertanian yang ada disana, seperti sistem hidroponik, agrikultur, dan lain-lain. Pengunjung dapat bertanya langsung kepada Bapak Iskandar Waworuntu, pemilik Bumi Langit, yang merupakan pengusaha pertanian organik. Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan disana?

1. Belajar Tentang Dunia Pertanian Langsung dari Pemiliknya

Yup! Jika kamu memiliki ketertarikan di dunia cocok tanam, Bumi Langit Institute merupakan tempat yang pas untuk kamu belajar langsung dari empunya. Jadi kamu tidak hanya bisa belajar tentang teorinya saja melainkan juga melihat secara langsung prosesnya. Kamu bisa belajar cara mengolah limbah ternak, belajar tentang agroekosistem, hidroponik, teknik permakultur, dan banyak lagi lainnya. Bahkan Bumi Langit juga memiliki program kursus edukasi berkebun yang dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat lho! Namun jika kamu ingin belajar singkat, kamu bisa mengikuti tour keliling kebun untuk melihat aktivitas dan fasilitas di Bumi Langit dengan dipandu tour guide. Fasilitas tour ini dibanderol dengan harga Rp 15.000 saja per orang. Untuk informasi mengenai program kursus dan tour ini kamu bisa langsung mengunjungi websitenya.

2. Menikmati Olahan Hasil Budidaya Tanaman Organik di Warung Bumi

Warung Bumi, nama restoran yang ada di Bumi Langit, menyajikan berbagai macam menu dengan bahan-bahan organik dan diambil dari perkebunan dan peternakan sendiri, sehingga tidak perlu diragukan lagi kehigienisannya. Selain itu harganya juga cukup terjangkau, berkisar antara belasan hingga puluhan ribu. Tempatnya yang nyaman dengan pemandangan menyejukkan mata, tentu akan membuat pengunjung seolah tak ingin beranjak dari sana. Selain itu di Warung Bumi juga terdapat etalase yang menjual berbagai macam makanan atau minuman hasil olahan kebun mereka sendiri, seperti roti gluten free (tanpa menggunakan tepung terigu), minuman probiotik, produk susu olahan, atau selai dari buah-buahan lokal tanpa bahan pengawet, dan lain-lain. Cocok dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang mampir kesana.

3. Berkeliling Melihat Hewan-hewan Ternak

Pengunjung Bumi Langit juga diperbolehkan untuk berkeliling peternakan untuk melihat-lihat hewan ternak disana lho, seperti sapi, kambing, dan ayam. Mereka juga dapat belajar mengenai teknologi-teknologi yang digunakan si pemilik untuk berternak, seperti pemanfaatan kotoran hewan ternak menjadi bio gas, dan lain-lain. Jika beruntung, juga bisa berkesempatan memberi makan hewan-hewan ternak tersebut. Fasilitas seperti ini cocok sekali untuk para orang tua yang memiliki anak yang suka binatang. Selain sebagai sarana edukasi, juga bisa sebagai sarana refreshing ya.

4. Berfoto-foto dengan Latar 'Eyegasm' View

Letak Bumi Langit yang berada di kawasan perbukitan dan diapit hutan serta ladang pertanian masyarakat sekitar, membuat pemandangan di sekitar lokasi nyaris sempurna. Jika kamu berkunjung kesana wajib membawa kamera karena akan banyak kamu temui spot foto worth-to-capture lho. Buat para sunset catcher, kita juga bisa kok mendapatkan sunset view jika cuaca mendukung. Intinya, kamu nggak akan menyesal jika mengunjungi tempat yang satu ini. Bumi Langit is where the nature and body keep its balance of life.

Related Posts

Menyelami-keindahan-bawah-air-di-umbul-ponggok Menyelami Keindahan Bawah Air di Umbul Ponggok
Aneka ikan yang hidup di Umbul Ponggok dan dasar kolam yang indah menjadikannya sebagai daya tarik untuk lokasi snorkeling.
/
Intan Kinasih /
1 657 0
Mau-pintar-ayo-ke-taman-pintar Mau Pintar? Ayo Ke Taman Pintar
Taman Pintar? Ini maksudnya taman dimana yang masuk kemudian keluar langsung jadi pintar atau gimana ya? Mustahil banget deh kalau jadi pintar tanpa belajar. Makanya nih, kali ini kita akan belajar bareng di Taman Pintar. Yuk...
/
Earny Hermawan /
0 744 0