Sumber: Situsweb, instagram.com

Ini Dia 3 Destinasi Wisata Tinggi di Yogyakarta yang Keindahannya Bikin Merinding

Bersiaplah dibuat terpukau saat memandangi bentang alam DIY dari atas rumah pohon yang super tinggi, berjalan di hamparan hijau perkebunan teh, hingga menyaksikan pemandangan terbit dan terbenamnya matahari dari pendopo di puncak bukit.

Coba jawab dengan jujur, apa daya tarik Yogyakarta bagi wisatawan? Jawabannya bisa jadi tak terlalu jauh dari seputar keraton, Jalan Malioboro, atau Pantai Parangtritis.


Padahal, destinasi di Yogyakarta lebih dari itu, provinsi ini menyimpan sederet tempat menawan yang mengizinkan siapapun untuk menikmati pesonanya yang lain. Misalnya, pernahkah terbayang oleh kamu bagaimana eloknya paras Yogyakarta bila dinikmati dari ketinggian?


Bersiaplah dibuat terpukau saat memandangi bentang alam DIY dari atas rumah pohon yang super tinggi, berjalan di hamparan hijau perkebunan teh, hingga menyaksikan pemandangan terbit dan terbenamnya matahari dari pendopo di puncak bukit.


Ya, tiga tempat yang berada di dataran tinggi ini bakal membuat siapapun yang berkunjung ke kota gudeg ini semakin jatuh cinta:

1. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru Sumber: Photo by Riza Miftah, instagram.com/izaobob

Kamu yang pernah berkeinginan untuk memiliki sebuah rumah di atas pohon namun belum terwujud, mengunjungi Wisata Alam Kalibiru bisa jadi solusi yang tepat. Di sini, terdapat sebuah menara pandang yang terletak di atas pohon. Dari atas ketinggian ini, kamu bisa menikmati suasana tenang dan melihat pemandangan menakjubkan hamparan hutan juga danau.


Kalibiru adalah tempat wisata yang harus masuk daftar catatan tempat untuk disinggahi pertama kali. Tempat wisata ini berada pada ketinggian 450 meter di atas permukaan laut dan menyuguhkan pemandangan yang impresif.


2. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo Sumber: Photo by Syafri Rahman , instagram.com/uwuosyafri

Jika biasanya menikmati secangkir teh hangat pada pagi dan sore hari di rumah, bayangkan nikmatnya menyesap teh dengan pemandangan perkebunan teh terhampar luas. Di Desa Wisata Nglinggo, kamu dapat mencoba pengalaman menarik. Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan indah di sini sangat sayang jika hanya dinikmati tanpa dokumentasi. 


Tak cuma pemandangan alam menakjubkan yang ditawarkan Desa Wisata Nglinggo, tapi kamu juga bisa ikut bergabung dalam kegiatan yang dilakukan warga. Terdapat beragam industri kecil di sini, mulai dari pengolahan dan pembuatan gula aren, kopi, batik tradisional sampai topeng.


3. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Sumber: Photo by Jamal Khalifa, instagram.com/jamalkhalifaz/

Di antara ketiga tempat wisata yang dibahas, barangkali Puncak Suroloyo yang menuntut stamina prima dan medan perjalanan yang lebih berat dari tempat wisata sebelumnya, meskipun tetap bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tapi percayalah, perjalanan yang berat tersebut tak akan mengurangi tingkat kepuasanmu saat berhasil mendaki dan menikmati keindahan alam dari atas ketinggian tanah Yogyakarta. 


Tempat wisata ini memiliki tiga pendopo di puncaknya, yang masing-masing menyajikan pemandangan luar biasa cantik dan sulit Anda temukan di tempat lain. Ketiga pendopo tersebut berjarak sekitar 200 meter satu sama lain, dan memiliki nama masing-masing, yaitu Pertapaan Suroloyo, Pertapaan Sariloyo dan Pertapaan Kaendran. Dari atas puncak ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dan terbenam sepuasnya. Jika cuaca sedang bagus dan cerah, Anda bahkan bisa melihat siluet Candi Borobudur yang gagah di tengah cahaya jingga senja.


Tak ada alasan untuk bosan mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta yang itu-itu saja, karena kota pelajar ini memiliki banyak sekali tempat wisata alam yang perlu dieksplor lebih jauh, belum lagi kulinernya.



Share

Related Posts

Momen-magis-perayaan-waisak-di-candi-borobudur Momen Magis Perayaan Waisak di Candi Borobudur
Setiap tahunnya ada yang selalu dinanti ketika hari Waisak tiba, yaitu pelepasan lampion secara serentak di Candi Borobudur. Dari begitu banyaknya lampion yang berkilauan, kemudian berpadu dengan gelapnya langit malam akan memberikan efek magis.
/
Ranti Kinan /
0 462 0
Serunya-sandboarding-di-gumuk-pasir-parangkusumo Serunya Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo
Selain memiliki keraton, tugu, pantai, dan Malioboro, Jogja juga memiliki salah satu spot untuk liburan dengan gaya adventur yang unik, yaitu sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. Emang bisa ya? Bisa banget dong.
/
Didik Tama /
0 726 0