Sumber: Photo by Felgra, instagram.com/felgra_photography
Jalasri Astuti Jalasri Astuti

Kebun Buah Mangunan: Negeri di Atas Awan

Tahukah kamu, ada tempat menarik yang bisa kamu kunjungi seolah kalian tengah tamasya di negeri atas awan, menikmati pesona matahari yang baru muncul dan tampak jelas awan-awan serta kabut yang terlihat seperti hamparan kapas.

Negeri di atas awan begitulah julukan kebun buah Mangunan. Terletak di dataran tinggi Imogiri, Kebun Buah Mangunan semakin populer sebagai daerah tujuan wisatawan lokal selama 2 tahun terakhir. Panorama perbukitan, lembah, hutan, awan dan kabut yang tampak dari kebun buah ini begitu mengesankan.


Masih dilokasi yang sama kamu juga bisa menyaksikan aliran Sungai Oya yang terlihat sangat curam. Sama seperti tempat wisata alam Tlogo Putri Kaliurang, di Kebun Buah Mangunan ini juga masih banyak populasi monyet. Hal ini semakin memperkuat nuansa alami tempat wisata yang mengagumkan.


Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi hari, saat matahari baru muncul dan tampak jelas awan-awan serta kabut yang terlihat seperti hamparan kapas. Apik sekali!


Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung juga dapat membeli beragam buah-buahan segar yang dipetik langsung dari pohon dengan harga terjangkau. Berbagai jenis pohon buah yang ditaman, di antaranya: Durian, Mangga, Sawo, Jeruk, Rambutan, Manggis, Duku, dan Jambu Air. Selain itu ada juga jenis pohon buah yang jumlahnya tidak begitu banyak seperti Kelengkeng, Jambu Biji, Matoa, Belimbing, dan Cempedak. Untuk menambah nuansa alami ditanam juga pohon Jati, King Grass, dan beberapa pohon pagar hidup seperti Magium dan Pinus.


Untuk bisa sampai ke puncak pengunjung harus melewati jalanan yang menanjak. Kendaraan bermotor memang bisa sampai ke puncak serta terdapat area parkir. Namun, akan lebih asyik jika kendaraan diparkir di dekat pintu masuk dan berjalan kaki menuju puncak. Di Taman Buah Mangunan ini disediakan trototar khusus yang bisa digunakan oleh pengunjung yang ingin berjalan kaki sampai ke puncak.


Lokasi: Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Koordinat di sini.
Tiket Masuk: Rp 5.000,- 


Related Posts

Paket-komplit-menikmati-pantai-pribadi-di-pantai-mbuluk Paket Komplit Menikmati Pantai Pribadi Di Pantai Mbuluk
Pantai Mbuluk menyajikan surga tersembunyi bagi para pecintai pantai. Dengan pantai yang masih bersih, pasir putih, dan diapit dua bukit, membuat pantai Mbuluk ini dapat dinobatkan sebagai pantai pribadi yang wajib disinggahi.
/
Bahaudin Alfian /
9 3705 0
Mentari-pagi-di-pantai-wedi-ombo mentari pagi di pantai wedi ombo
mentari pagi di pantai wedi ombo
/
Pebrianto Budi Prabowo /
0 656 0