Sumber: kotakmedia indonesia, kotakmedia.co.id
Desi Sri Desi Sri

Launching Website, Museum Virtual Karaton Ngayogyakarta Bisa Diakses Umum

Kraton Yogyakarta merupakan pusat dari museum hidup kebudayaan Jawa yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kraton juga menjadi kiblat perkembangan budaya Jawa, sekaligus penjaga nyala kebudayaan tersebut.
Kali ini pengalaman berwisata di museum bisa dilakukan secara online karena sejak tahun 2015, Kraton Yogyakarta sudah mulai memberikan informasi melalui sosial media. Dan mulai saat ini pun Kraton Yogyakarta sudah memiliki situs resmi berupa wesbite yang bisa diakses secara umum oleh khalayak, sehingga informasi yang didapatkan oleh masyarakat pun lebih valid.

1. Update Informasi di Sosial Media Kraton Jogja

Dewasa ini setiap orang pastinya tak bisa lepas dari peran gadget/smartphone, dimana semakin cepatnya akses internet berbanding lurus dengan derasnya informasi yang masuk. Selain itu media informasi yang digunakan pun berbeda-beda, seperti: Instagram, Facebook dan Twitter yang merupakan platform media komunikasi yang sering diakses.

Berawal dari kegiatan Tepas Tandha Yekti yang bertanggungjawab dalam menangani teknologi informasi dan dokumentasi di lingkungan Kraton, mulailah merambah pada informasi digital. Karena saat ini jarang sekali yang memanfaatkan manuskrip yang tersimpan di Kraton sebagai sumber informasi.

Mulai tahun 2013, Tepas Tandha Yekti mulai mengabadikan berbagai kegiatan di Kraton seperti upacara adat, pernikahan (dhaup ageng), dan event lainnya. Dokumentasi yang berupa foto dan video tersebut mulai di sebarkan melalui media sosial pada 2015.

Berikut alamat sosial media kraton jogja yang bisa diakses:

Facebook : Kraton Jogja

Twitter : @KratonJogja

Instagram : @KratonJogja_

2. Website Kraton Jogja Sebagai Wadah Informasi yang Akurat

Website Kraton Jogja Sebagai Wadah Informasi Yang Akurat Sumber: infosenijogja, https://twitter.com/infoseni_/media

Meski sosial media Kraton Jogja sudah diresmikan mulai tahun 2015, namun arus deras informasi terkadang masih sulit dibendung jika masyarakat lebih suka menyebarkan informasi melalui situs yang tidak jelas ataupun belum terbukti kebenarannya. Pihak Kraton Jogja yang digawangi oleh Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hayu selaku Penghageng Tepas Tandha Yekti mulai membangun sebuah wadah yang menjadi muara informasi sosial media resmi Kraton Jogja.

Pada tahun 2017 inilah situs resmi Kraton Jogja diluncurkan dengan harapan dapat melengkapi saluran informasi sehingga semakin akurat dan menjadi museum virtual tentang kekayaan budaya Jawa di Kraton Jogja. 

Menurut GKR Hayu, peluncuran website itu berawal dari dari pendokumentasian pernikahannya pada 2013 silam. Selama ini belum pernah khusus juru dokumentasi dan informasi di Kraton atau Tepas Tandha Yekti. Selain itu, alur untuk publikasi informasi berupa artikel maupun foto yang ada di website kraton jogja harus valid dan melalui beberapa tahap verifikasi.

Sejak dilaunching secara resmi oleh Sri Sultan Hamengku Bawono Ka-10 pada hari Selasa malam (07/03/2017), website Kraton Jogja yang beralamat di www.kratonjogja.id sudah bisa diakses secara umum.

3. Kraton Jogja Tetap Menjadi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Meski sudah go online, kraton Jogja tetap menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika kamu berada di Jogja ataupun tengah berlibur di kota Budaya ini. Karena ada banyak hal yang bisa disaksikan secara langsung di Kraton Jogja. Berwisata sembari belajar sejarah dan budaya secara langsung tentu menarik, apalagi dengan menyaksikan aktifitas para abdi dalem yang sedang melakukan tugasnya ataupun melihat koleksi barang-barang Kraton.

Setiap harinya pun ada sajian menarik di Bangsal Srimanganti seperti pertunjukan macapat, wayang golek, wayang kulit dan tari-tarian. 

  • Senin - Selasa: Musik gamelan (mulai jam 10.00 WIB) 
  • Rabu: Wayang golek menak (mulai jam 10.00 WIB) 
  • Kamis: Pertunjukan tari (mulai jam 10.00 WIB) 
  • Jumat: Macapat (mulai jam 09.00 WIB) 
  • Sabtu: Wayang kulit (mulai jam 09.30 WIB) 
  • Minggu: Wayang orang & pertunjukan tari (mulai jam 09.30 WIB)

Ada banyak tempat yang bisa kamu lihat ketika berwisata di kraton, ikuti arahan dari pemandu di Tepas Pariwisata ya, karena ada beberapa tempat yang tidak boleh dikunjungi.

Share

Related Posts

Menyambut-matahari-pagi-di-borobudur Menyambut Matahari Pagi di Borobudur
Menyambut hangatnya matahari pagi di Borobudur. Adakalanya mengunjungi Candi Borobudur saat loket baru saja dibuka pukul 06.00. Menikmati hangatnya sinar mentari pagi disela sela kabut pagi.
/
Widarko Hartono /
0 529 0
Jangan-lupa-piknik-biar-gak-panik Jangan Lupa Piknik Biar Gak Panik
Jangan Lupa Piknik Biar Gak Panik Jalan-Jalan terus biar kayak orang-orang.
/
Hildan Putra Dwika /
0 728 0