Sumber: Dok. Pribadi
Darin Rania Darin Rania

Mau Ngopi di Atas Bukit? Ke Kedai Wedangan Watu Lumbung Aja!

Sudah sejak lama ritual ngopi menjadi aktivitas yang tidak pernah dilewatkan bagi sebagian besar orang, khususnya pecinta kopi. Di utara Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, ada tempat ngopi yang menawarkan pengalaman ngopi di atas bukit lho!
Bagi kamu pecinta kopi yang sedang mencari referensi tempat ngopi selain di cafe, bisa coba berkunjung ke Kedai Wedangan Watu Lumbung, di utara Pantai Parangtritis tepatnya di kawasan Bukit Watu Lumbung, selatan Kali Opak. Disana pengunjung akan disajikan pengalaman minum kopi di atas bukit dengan pemandangan hamparan sawah, langit biru, deretan pegunungan, dan Sungai Opak. Pemandangan saat sore pun tak kalah mengasyikkan karena pengunjung akan dapat menikmati keindahan sang cakrawala saat terbenam ke ufuk barat. Tak hanya kopi, menu tradisional lain juga tersedia disana seperti teh, wedang jahe, wedang uwuh, atau camilan seperti tempe mendoan, ketela goreng, dan lain-lain. Untuk pengunjung yang hobi membaca, disana juga terdapat fasilitas mini library lho. Bisa dibayangkan dong bagaimana serunya jika berkunjung kesana?

1. Kedai Wedangan Buka 24 Jam Lho!

Ya! Kamu bisa menikmati ngopi di Kedai Wedangan bahkan ketika malam hari. Meski pemandangan yang disajikan sedikit berbeda dengan saat siang atau sore hari, tapi nggak akan kalah cantik kok, karena kamu akan dapat melihat hamparan bintang di langit yang begitu indah, sembari menikmati menu-menu yang tersedia. Jangan lupa untuk membawa baju hangat karena ketika malam hari udaranya cukup dingin guys. Oh ya, di sekitar Kedai Wedangan ini juga terdapat penginapan yang bisa disewa lho. Cocok sekali untuk kamu yang sudah merencanakan berlibur ke Yogyakarta.

2. Donasi Buku, Free Makanan atau Minuman

Sebenarnya Kedai Wedangan ini adalah salah satu dari banyak tempat makan atau tempat wisata di Kampung Edukasi Watu Lumbung. Karena mengusung konsep edukasi, si pengelola Kampung Wisata ini menanamkan nilai-nilai tersebut ke dalam setiap aktivitas disana, salah satunya di perpustakaan kecil Kedai Wedangan yang memungkinkan pengunjung melakukan 'barter'. Ya, jika kamu memiliki buku-buku bacaan yang masih layak baca dan ingin menyumbangkannya, bisa dibawa ke Kedai Wedangan untuk ditukar dengan satu paket makanan lho. Selain menanamkan rasa peduli, secara langsung kamu juga bisa turut membantu pihak pengelola dalam membangun perpustakaan dan menarik minat baca masyarakat yang masih rendah. Unik dan mulia sekali bukan?

3. Gardu Pandang di Kedai Wedangan

Setelah kenyang makan-makan dan cemal-cemil lucu, kamu bisa naik ke atas gardu pandang melalui tangga yang sudah disediakan di Kedai Wedangan. Gardu pandang ini menjadi spot foto favorit pengunjung yang sudah pernah kesana karena pemandangan yang tersaji begitu memikat dan membuat enggan kembali pulang. Ketika pengunjung sedang tidak banyak, kamu bisa berfoto sepuasnya, tapi jika pengunjung sedang ramai siap-siap untuk antri ya guys. Di gardu pandang ini kamu juga bisa mengabadikan momen matahari terbenam yang cantik lho. 

4. Menikmati Pemandangan Dikelilingi Ayam-Ayam Lucu

Menikmati Pemandangan Dikelilingi Ayam-ayam Lucu Sumber: Dok. Pribadi
Meski tidak semua orang menyukai hewan satu ini, tapi keberadaan ayam-ayam ini semakin mendukung suasana syahdu disana karena kita menjadi semakin merasa dekat dengan alam. Ayam-ayam ini memang sengaja dibiarkan berkeliaran di sekitar lokasi wisata Kampung Edukasi Watu Lumbung, termasuk di Kedai Wedangan sendiri. Jadi, tunggu apalagi, yuk ajak teman, pacar, kerabat, atau siapapun untuk singgah ke tempat ini. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta kok. Kapan lagi kan bisa berwisata sekaligus belajar, ya nggak?

Related Posts

Menikmati-kelap-kelip-lampu-kota-di-bukit-bintang-jogja Menikmati Kelap-Kelip Lampu Kota di Bukit Bintang Jogja
Suasananya yang begitu romantis memang sangat pas untuk lokasi memadu kasih.
/
Erna Tiara /
14 895 0
Adu-silat-di-pantai-ngeden adu silat di pantai ngeden
adu silat di pantai ngeden
/
Pebrianto Budi Prabowo /
0 712 0