Sumber: Photo, instagram.com
Sinta Merisa Sinta Merisa

Menegok 3 Tempat Wisata Keren di Desa Nglanggeran Yogyakarta

Adanya gunung, air terjun hingga kolam belerang di puncak pegunungan menjadi pemandangan indah untuk memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul

Bukan cuma kota Yogyakarta yang mempunyai daya tarik, daerah Gunungkidul juga menghadirkan pesona desa wisata nan eksotis yakni desa wisata Nglanggeran. Di mana, kawasan itu mengangkat wisata lingkungan untuk dinikmati para pelancong.


Adanya gunung, air terjun hingga kolam belerang di puncak pegunungan menjadi pemandangan indah untuk memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung ke sana. Meski untuk menggapainya cukup sulit, namun pesonanya begitu berharga. Jadi sungguh sangat sayang sekali kalau cuma dilewatkan.


Penasaran ada apa saja pemandangan yang bisa dinikmati selama di desa Nglanggeran? Intip yuk rangkumannya, seperti dilansir laman Okezone berikut ini.


1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran Sumber: Photo by Ezra Tefa, instagram.com/cubatefa

Gunung ini merupakan salah satu gunung merapi yang sudah ada sejak 60 juta tahun lamanya di Yogyakarta. Tak hanya cantik, tetapi juga punya legenda yang diyakini masyarakat. Konon katanya gunung ini merupakan sebuah tempat untuk menghukum warga desa yang dikutuk oleh seorang dalang karena sudah merusak wayang.

Selain itu, ada lagi kisah mistis lainnya, di pegunungan Nglangeran ini masyarakat yang tinggal di puncak gunung ini KK nya atau kepala keluarganya semuanya harus berjumlah 7 KK saja, bikin penasarankan?

Oh iya, jika kamu ingin menuju puncak gunung purba Nglanggeran, pastikan staminamu fit karena akan sangat menguras tenaga. Siapkan juga perbekalan, setidaknya air minum yang cukup dan cintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan ya.


2. Embung dan Kebun Buah Nglanggeran

Embung Dan Kebun Buah Nglanggeran Sumber: Photo by Ryan Sigit, instagram.com/ryansigitp

Ketika berada di puncak, kamu akan menemukan sebuah danau buatan dengan air berwarna hijau toska, dan ini disebut sebagai Embung Nglanggeran. Tempat wisata ini sebenarnya untuk mengairi perkebunan durian dan kelengkeng. Namun, seiring berkembangnya zaman, danau tersebut menjadi spot instagenic untuk mempercantik sosial media anak muda era sekarang. Tempat ini juga sangat cocok untuk menikmati sunset, apalagi kamu yang anak hits, karena view langit senja yang disajikan sangat mempesona, instagramable banget deh.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang Sumber: Photo by Adam, instagram.com/adammirzaahmad

Tak hanya pegunungan dan danau, di sana juga ada air terjun alami yang asri dan masih bersih yakni air terjun Kedung Kandang. Bentuk air terjunnya bertumpuk-tumpuk dari bebatuan sungai di sana. Tempatnya berada di tengah persawahan, jadi kamu harus menyusuri pematang sawah dan jalannya pun menurun karena letak air terjun ini agak di bawah. Perjalananmu akan terbayar dengan sejuknya wisata di sini dan airnya pun segar, jadi kamu juga bisa bermain air dengan aman disini. Tentu saja pesona ini mesti kamu sambangi ketika berada di desa wisata Nglanggeran.

 

Share

Related Posts

Wisata-air-terjun-sri-gethuk-gemericik-suara-air-di-tanah-tandus Wisata Air Terjun Sri Gethuk: Gemericik Suara Air di Tanah Tandus
Bagi kamu yang pecinta alam, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini
/
Erna Tiara /
3 503 0
Ragam-rasa-museum-sono-budoyo Ragam Rasa Museum Sono Budoyo
“ Merdeka hanyalah sebuah jembatan. Walaupun jembatan emas.....diseberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa...satu ke dunia sama ratap sama tangis ”- Ir.Soekarno
/
Since Novayanti /
9 386 0