Sumber: Photo by Leonard Rosser, instagram.com/leonardrosser
Jalasri Astuti Jalasri Astuti

Mengungkap Rahasia Istana Air: Taman Sari Yogyakarta

Pesona air yang indah berpadu dengan tembok-tembok bergaya campuran ala Eropa, Hindu, Jawa, dan China menjadi nilai yang membuat Taman Sari tak akan terlupakan.

Benua Eropa bukanlah satu-satunya tempat di mana kamu bisa menikmati keindahan arsitektur abad ke-18. Satu dari sekian banyak tempat wisata sejarah yang ada di Indonesia adalah Istana Air Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari terletak sangat dekat dengan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Alun-alun utara Keraton.


Istana yang memiliki beberapa kolam pemandian serta aroma wewangian dari bunga-bunga yang sengaja ditanam di pulau buatan di sekitarnya ini dibangun oleh arsitek berkebangsaan Portugis sebagai hadiah untuk istri-istri penguasa Yogyakarta saat itu, Sultan Hamengku Buwono I. 


Setelah melalui koridor yang berliku menuju menara, kamu bisa menuruni anak tangga melewati Gapura Agung menuju Tajug, lorong bawah tanah yang berguna sebagai bunker sekaligus penghubung antara Taman Sari dengan keraton dan Pulo Kenongo.


Tempat ini banyak memiliki ruang rahasia yang tersembunyi, di antaranya adalah ruang penyimpanan senjata, baju perang, dan tempat penyucian keris-keris jaman dahulu. Pelatarannya biasa digunakan para prajurit berlatih pedang.


Kemudian perjalanan dapat dilanjutkan ke Sumur Gumuling, masjid bawah tanah yang didesain dengani sisi akustik yang baik, digunakan sebagai peribadatan raja dan keluarga. Jaman dahulu saat imam mempimpin shalat, suara imam dapat terdengar dengan lantang ke segala penjuru.


Secara keseluruhan pemandangan ditawarkan Taman Sari sanagat indah sekaligus mempesona. Pesona air yang indah berpadu dengan tembok-tembok bergaya campuran ala Eropa, Hindu, Jawa, dan China menjadi nilai yang membuat Taman Sari tak akan terlupakan.


Lokasi: Jl. Taman, Yogyakarta
Jam Operasional: 08.00 – 14.00
Tiket Masuk: Rp3.000,- (Lokal) | Rp7.000 (Asing)

Related Posts

Menikmati-pengalaman-ritual-spa-ala-putri-keraton Menikmati Pengalaman Ritual Spa Ala Putri Keraton
Bicara tentang Jogjakarta, pastinya kental dengan adat tradisionalnya. Nuansa jawa tradisional dapat ditemukan dengan mudah di setiap sudut kota, termasuk di Nurkadhatyan Spa, salah satu tempat yang menyediakan treatment spa ala putri keraton.
/
Darin Rania /
0 942 0
5-pantai-pasir-putih-di-gunungkidul-yang-cantik-nan-ciamik 5 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul yang Cantik nan Ciamik
Membahas Gunungkidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta, memang nggak ada habisnya. Deretan pantai dengan pasir putih, keindahan bawah laut dan pemandangan alam yang eksotis rasanya tak cukup satu hari untuk dijamahi
/
Dahlia Soraya /
3 1721 0