Sumber: semberani, semberani.com
Ranti Kinan Ranti Kinan

Momen Magis Perayaan Waisak di Candi Borobudur

Setiap tahunnya ada yang selalu dinanti ketika hari Waisak tiba, yaitu pelepasan lampion secara serentak di Candi Borobudur. Dari begitu banyaknya lampion yang berkilauan, kemudian berpadu dengan gelapnya langit malam akan memberikan efek magis.

Menjadi salah satu destinasi utama wisata ziarah bagi umat Buddha di seluruh dunia, candi yang dibangun pada abad ke-9 ini merupakan simbol dari nilai-nilai luhur dan perjalanan menuju Nirwana.


Tradisi itu bisa kamu temukan ketika menjelang hari Waisak. Biasanya perayaan Waisak dipusatkan di Candi Borobudur. Waisak sendiri merupakan hari suci agama Buddha. Sementara detik-detik Waisak adalah perayaan Tri Hari Suci Waisak yang memperingati hari lahir, hari kematian, dan hari saat Sang Buddha Gautama mendapat pencerahan dan mencapai nirvana.


Dulu perayaan Waisak terbuka untuk umum. Pelepasan lampion mengundang datangnya ribuan wisatawan. Namun tak semua wisatawan yang berkunjung berperilaku baik. Puncaknya beberapa tahun lalu saat di media sosial tersebar foto dimana para wisatawan mengganggu perayaan.


Akibatnya dari tahun ke tahun pengamanan menjadi jauh lebih ketat, dan tidak semua orang boleh mengikuti perayaan detik-detik Waisak. Dilansir dari laman Rappler.com, detik-detik Waisak rupanya diisi dengan meditasi yang dipimpin seorang biksu.


Walau ada perayaan Waisak, namun Candi Borobudur tetap bisa dikunjungi pada Rabu (10/5), mulai pukul 6 pagi sampai 5 sore. Untuk bisa ikut menerbangkan lampion, wisatawan cukup membayar sumbangan sebesar Rp100 ribu di loket resmi Candi Borobudur. Demikian diwartakan laman cnnindonesia.com


Sebagai obyek wisata religi, jangan heran kalau situs warisan dunia UNESCO ini hampir selalu dipadati pengunjung. Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah saat dini hari. Lokasinya yang ada di atas bukit memungkinkan kamu untuk menikmati indahnya sinar matahari pagi di antara ribuan stupa.


Related Posts

Kebun-buah-mangunan-negeri-di-atas-awan Kebun Buah Mangunan: Negeri di Atas Awan
Tahukah kamu, ada tempat menarik yang bisa kamu kunjungi seolah kalian tengah tamasya di negeri atas awan, menikmati pesona matahari yang baru muncul dan tampak jelas awan-awan serta kabut yang terlihat seperti hamparan kapas.
/
Jalasri Astuti /
0 1574 0
Museum-benteng-vredeburg-dan-edukasi-sejarah Museum Benteng Vredeburg dan Edukasi Sejarah
Museum Benteng Vredeburg merupakan tempat wisata sejarah yang berada di Kota Yogyakarta. Museum ini merupakan bangunan lama sebagai peninggalan Belanda dan didirikan saat Sri Sultan Hamengkubuwono I. Tempat wisata ini patut anda kunjungi.
/
Casmudi Van /
3 1391 0