Sumber: Dok. Pribadi
Desi Sri Desi Sri

Omah Awang Homestay Bikin Throwback Ke Jaman Majapahit

Rumah dengan gaya tradisional Jawa tidak melulu Joglo, masih ada omah limasan dengan konsep yang lebih sederhana namun tetap menampilkan kearifan lokal masa lampau kerajaan Jawa. Ingin mencoba menikmati rasanya seolah tinggal di masa kerajaan Majapahit?

Mengusung tema Kedai dan Homestay, Omah Awang yang bertempat di desa Ngentak, Banguntapan, Bantul (Barat Rumah Makan Mataram Indah) tak lupa menyuguhkan suasana pedesaan yang khas. Dengan konsep Omah Limasan yang merupakan satu bangunan tunggal, dengan ciri utama bagian atap terdiri atas empat sisi empyak. Dua sisi empyak di bagian paling depan dan belakang lebih mendatar, sedangkan sepasang empyak di bagian tengah lebih curam, bertemu di bagian puncak omah keong, sekaligus membentuk struktur limas dengan lima sisi. Rumah ini pun dibangun dengan bahan baku kayu.

Terlepas dari filosofinya yang kental dengan unsur jawa, Omah Awang ini hanya menampung 4-5 orang. Jadi ketika kamu menginap di Omah Awang, kamu akan merasakan seolah keluargamu kembali ke masa-masa kerajaan Jawa pada masa lalu. Oh iya, parkiran luas dan disampingnya ada kedai Omah Awang dimana kamu bisa menikmati masakan Nasi Ayam Gongso dan Spesial Mie Ayam.

1. Taman Di Halaman Depan Bikin Suasana Jadi Makin Adem

Taman Di Halaman Depan Bikin Suasana Jadi Makin Adem Sumber: Dok. Pribadi

Jika sebelumnya depan rumahmu adalah jalan, entah itu jalan perumahan atau jalan raya tempat dimana kendaraan berlalu lalang yang pastinya bikin polusi udara, nah di Omah Awang ini kamu akan di sambut dengan nuansa yang sejuk dan udara yang fresh. Tentu saja ini dikarenakan banyaknya tumbuhan seperti pepohonan dan beragam bunga yang sengaja ditanam untuk menghidupkan suasana pedesaan nan alami. Nah, momen tinggal di Omah Awang ini bisa dijadikan semacam rehabilitasi dari kepenatan aktivitas padat sehari-hari, ataupun meditasi untuk mendapatkan ide dan gagasan menarik. Pagi hari kamu sekeluarga bisa menikmati tea time sambil menikmati udara pagi, di siang hari pun tetap terasa adem, menikmati minuman dingin sembari bercengkerama bersama keluarga. 

2. Adanya Televisi dan Wifi Bikin Quality Time Tetep Seru

Adanya Televisi Dan Wifi Bikin Quality Time Tetep Seru Sumber: Dok. Pribadi

Tentu saja alasan untuk tinggal di homestay adalah untuk menikmati momen damai bersama keluarga, terbebas dari rutinitas pekerjaan. Namun jika pekerjaanmu bisa dilakukan secara online, ada Wifi yang bisa mensupport pekerjaanmu.

Nah, jangan sampai keasyikan dengan gadgetmu ya meski sudah disupport Wifi, karena ini saatnya kamu sekeluarga bisa menikmati quality time di ruang santai keluarga. Ruang santai keluarga di Omah Awang ini didesain sedemikian rupa dengan nuansa tradisional yang tetap melekat dan kamu bisa menonton televisi sembari duduk santai bersama di kursi sofa yang empuk, di temani angin sepoi-sepoi dari jendela. Sembari berkumpul bersama keluarga, kamu bisa memesan aneka minuman dan cemilan di Kedai Omah Awang lho.


3. Saatnya Tidur Nyenyak Ditemani Wayang

Saatnya Tidur Nyenyak Ditemani Wayang Sumber: Dok. Pribadi

Dari luar hingga ke dalam rumah, nuansa tradisionalnya nggak pernah lepas ya. Bahkan hingga tempat tidurnya pun kamu tetap disuguhi dengan pernak pernik klasik seperti patung dan bed cover dengan motif wayang. Wah, untuk kamu yang suka banget sama hal-hal klasik dan tradisional tentu berasa surga kan ya. Omah Awang menyediakan double bed serta extrabed dan kamar mandi dalam. Meski seolah tinggal di masa lalu, kamar mandi nggak di luar lho, jadi nggak perlu jauh-jauh ketika ada panggilan alam. Meski suasananya sudah adem, tapi untuk kamu yang mungkin sudah terbiasa hidup dengan AC, sudah ada juga di Omah Awang. Bener-bener lengkap deh. Apalagi semalam hanya dipatok harga kisaran 300 ribu untuk hari biasa dan 450 ribu untuk hari libur. Tidurpun jadi nyenyak banget.

Related Posts

Wah-asyik-swiss-belhotel-yogyakarta-kini-hadirkan-nuansa-budaya-jawa Wah Asyik! Swiss-Belhotel Yogyakarta Kini Hadirkan Nuansa Budaya Jawa
Dengan sebutannya sebagai kota budaya, tentu saja kekentalan budaya Yogyakarta masih tetap menjadi daya tarik baik untuk turis lokal maupun turis mancanegara.
/
Niken Leitisha /
2 573 0
Greenhost-prawirotaman-hotel-unik-dengan-perpaduan-nuansa-rumahan-dan-bangsawan Greenhost Prawirotaman, Hotel Unik dengan Perpaduan Nuansa Rumahan dan Bangsawan
Konsep yang ramah lingkungan serta dikelilingi tumbuhan-tumbuhan hijau membuat suasana hotel yang bernama Greenhost Prawirotaman ini sejuk, teduh dan menyegarkan mata penghuninya.
/
Eva Yuliana /
5 631 0