Sumber: Dok. Pribadi
Bahaudin Alfian Bahaudin Alfian

Paket Komplit Menikmati Pantai Pribadi Di Pantai Mbuluk

Pantai Mbuluk menyajikan surga tersembunyi bagi para pecintai pantai. Dengan pantai yang masih bersih, pasir putih, dan diapit dua bukit, membuat pantai Mbuluk ini dapat dinobatkan sebagai pantai pribadi yang wajib disinggahi.

Daerah Istimewa Yogyakarta memang Istimewa bagi para pelancong untuk berburu surga alam, khususnya para pecinta pantai. Selain itu Jogja juga menyajikan keindahan alam seperti gunung, bukit, goa, sungai, air terjun, dan lain-lain. Tetapi untuk para pecinta pantai, wajib explore pantai yang ada di Jogja. Daerah yang mempunyai jumlah pantai ± 102 pantai yang terhampar di sepanjang pesisir Jogjakarta ini menyajikan keelokan alam yang begitu indah. Walau terdapat banyak pantai, tetapi kenikmatan yang didapat dari pantai satu dan yang lainnya akan memberi kesan yang pastinya berbeda. Dari 102 pantai yang berhasil di data oleh Jogja.co tersebut, ada satu pantai yang belum terdaftar dan masih sangat asing bagi telinga masyarakat awam Jogja. Tetapi pantai ini bisa dibilang surga tersembunyi, yaitu pantai Mbuluk.

Pantai Mbuluk yang terletak di Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini bersebelahan dengan pantai Baron lebih tepatnya di sebelah timur pantai Baron. Untuk tarif wisata sendiri masuk kategori sangat murah untuk menikmati paket komplit ini. Dengan biaya yang sangat murah yaitu Rp 10.000 untuk tiket masuk kawasan pantai, kita sudah dapat mengakses beberapa pantai termasuk pantai Baron. Kemudian masuk di kawasan pantai Baron kita cukup membayar biaya parkir saja, untuk sepeda motor cukup Rp 2.000. Yak, sebelum menuju pantai pribadi yaitu pantai Mbuluk, kita harus parkir kendaraan di pantai Baron. Dengan begitu kita akan otomatis dapat suguhan pembuka yaitu indahnya pantai Baron dengan hiruk pikuk nelayan dan riuhnya ombak yang menyapa para wisatawan.

Tak lama-lama di pantai Baron, waktunya menuju pantai Mbuluk. Tetapi sebelum sampai tujuan kita akan sedikit melakukan pendakian bukit di sebelah timur pantai Baron. Dengan biaya Rp 2.000 untuk perawatan jalan, kita sudah bisa menaiki bukit dengan view sebelah barat pantai Baron dan sebelah timur tebing bukit. Setelah sampai atas kita akan disambut lagi dengan mercusuar pantai Baron. Hal yang tak bisa dilewatkan kala menuju pantai Mbuluk. Dengan menyiapkan uang Rp 5.000/orang, kita sudah bisa naik ke atas mercusuar untuk melihat view yang lebih luas dengan pemandangan laut, pantai, bukit yang dapat dilihat sekaligus.

Setelah puas dengan view dari atas kita turun lagi dari mercusuar kemudian lanjut ke tempat yang ditunggu-tunggu yaitu pantai Mbuluk. Dari mercusuar pantai ini terletak di sebelah selatannya. Dengan jalan yang sedikit menurun dan diapit dua bukit kecil dan ladang warga, itu menuntun kita ke pantai Mbuluk. Setelah ± 10 menit dari mercusuar kita sampai di pantai Mbuluk. Kalau di hitung dari pantai Baron hanya perlu jalan kaki selama ±30 menit dengan santai. Pantai kecil yang hanya sepanjang 25 meter ini sangat cocok untuk dijadikan perenungan diri melepas penat kala sibuk sehari-hari. Tidak ada yang berjualan dan tidak ada kamar mandi hanya alam yang sendiri yang butuh ditemani para wisatawan. Tapi itulah sisi indahnya dengan pasir putih yang masih bersih dan suasana sunyi, sangat tepat jika dinobatkan seperti pantai pribadi. Jika ingin berenang juga sangat aman karena ombak di pantai Mbuluk tergolong tenang karena ada tebing yang memecah gelombang. Kita juga bisa mencari biota laut di karang-karang yang juga terdapat di pantai Mbuluk. Selain itu walaupun pantainya kecil, pantai ini diapit dua bukit yang sangat bagus tentunya untuk foto-foto selfie dengan orang tersayang.

Sebelum ke pantai Mbuluk lebih baiknya kita membawa bekal makanan, dan untuk kamar mandi sendiri, kita bisa memanfaatkan kamar mandi yang berada di pantai Baron.

Dengan uang sebesar Rp. 19.000 kita sudah dapat bebas menikmati pantai yang mempunyai cita rasa pantai pribadi. Jadi, jangan lewatkan pantai Mbuluk di Jogja. Pantai yang serasa milik pribadi dengan suguhan keindahan yang sangat komplit dengan datang bersama keluarga, kekasih, ataupun teman maka semua akan menjadi berkesan. Dan supaya keindahan pantai Mbuluk tetap terjaga maka kita juga harus menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan selalu berperilaku baik terhadap alam.


Related Posts

Destinasi-wisata-jogja-istana-air-tamansari-ngayogyakarta-cukup-bayar-5k-saja Destinasi Wisata Jogja
Tamansari adalah salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika Anda sampai di Jogya. Tamansari ini biasa disebut dengan Istana Air, yakni memiliki nilai seni dan arsitektur yang sangat indah yang terdiri dari bangunan dan kolam air.
/
Vika Meilar /
5 859 0
Teduhnya-kanopi-hutan-pinus-imogiri Teduhnya Kanopi Hutan Pinus Imogiri
Cuaca yang panas terik tentu saja bikin liburan nggak nyaman, enaknya tentu berteduh dibawah pohon ditemani semilir angin sepoi-sepoi yang berhembus. Nah, di Jogja tentu saja kamu masih bisa menemukan banyak tempat wisata yang sejuk seperti yang satu ini.
/
Yuliyanto Agus /
0 694 0