Sumber: instagram.com/jogjaeaters/, instagram.com/jogjaeaters/

Rekomendasi 3 Sarapan Maknyus saat Berkunjung ke Yogyakarta

Gudeng menjadi menu andalan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Cocoknya makanan yang terbuat dari nangka muda ini disantap saat sarapan. Tapi alangkah baiknya jangan cuma terpaku dengan gudeg. Kenapa?

Karena kamu mesti coba sarapan dengan makanan lain yang bisa memanjakan perut.


Ada beberapa pilihan menu sarapan lain ketika kamu baru tiba di tanah Keraton Ngayogyakarta ini di pagi hari. Berikut daftarnya.



1. Gudeg, Kuliner Khas yang Pas untuk Sarapan

Gudeg, Kuliner Khas Yang Pas Untuk Sarapan Sumber: instagram.com/jogjaeaters, instagram.com/jogjaeaters/

Kuliner satu ini memang sudah menjadi ciri khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Hampir di semua kawasan Kota Yogyakarta terdapat pedagang gudeg. Dari mulai kaki lima, depot, hingga restoran. Sepiring menu gudeg disajikan dengan tambahan krecek, telur rebus, tempe bacem dan ayam. Tinggal pilih mau sarapan gudeg di mana. Rekomendasi yang paling disarankan adalah makan enak pagi-pagi di Sentra Gudeg dekat UGM, Gudeg Yu Djum yang legendaris, atau di kawasan Kotabaru. 

2. Ayam Goreng Kremes

Ayam Goreng Kremes Sumber: instagram.com/jogjaeaters, -

Kalau kebetulan kamu tiba di Yogyakarta di atas pukul 10.00 WIB, dan ndilalah (kebetulan) perut lapar, kamu tinggal melipir aja ke depot yang menjual ayam goreng kremes. Apalagi di kota ini banyak penjual yang menyajikan ayam kampung. Rekomendasinya bisa makan di House Of Raminten atau di Depot Ayam Goreng Lombok Idjo. 

3. Soto Bening, Porsi Kecil yang Mengenyangkan

Soto Bening, Porsi Kecil Yang Mengenyangkan Sumber: instagram.com/sotombokgiyem_, instagram.com/sotombokgiyem_
Warung soto bening di Yogyakarta juga cukup banyak. Bukanya dari pagi hari dan lokasinya mudah dijangkau. Biasanya soto bening disajikan dalam semangkuk kecil. Isinya terdiri dari potongan daging yang lembut, tauge pendek, taburan bawang goreng dan seledri, beserta potongan tomat. Di dekat bandara hingga pusat kota cukup banyak penjual soto khas Jawa ini. Rekomendasinya di Soto Seger Mbok Giyem, Soto Bening Harjo atau Soto Pak Marto. 

Share

Related Posts

Warung-pak-lanjar-cita-rasa-istimewa-di-sudut-kota Warung Pak Lanjar: Cita Rasa Istimewa di Sudut Kota
Nuansa kebudayaan dan tradisi jawa sangat kental di seluruh sudut kota Yogyakarta. Tak terkecuali dengan cita rasa makanannya. Ada salah satu warung makan di pinggiran kota yang wajib dikunjungi, terletak diapit persawahan dengan angin sepoi-sepoi.
/
Firza Auni Zahira /
16 1217 0
Wedang-uwuh-minuman-raja-yang-bisa-dinikmati-rakyatnya Wedang Uwuh, Minuman Raja yang Bisa Dinikmati Rakyatnya
Untuk yang pernah ke Jogya rasanya kurang afdol jika kamu belum minum wedang uwuh. wedang unik khas Jogya yang tak boleh kamu lupakan selain unik minuman ini sangat istimewa karena minuman wedang uwuh adalah minuman kesukaan raja Yogyakarta.
/
Taufic Van /
52 1112 2