Sumber: Dok. Pribadi
Desi Sri Desi Sri

River Tubing Di Lava Bantal Bikin Merinding

Apa yang pertama terlintas di benakmu ketika mendengar kata lava bantal? Apakah itu lava panas berbentuk bantal yang bertebaran? hehehe ternyata bukan.

Lava bantal adalah sungai yang di apit oleh batu yang menyerupai bantal. Lava bantal ini pertama ditemukan bulan April oleh beberapa mahasiswa yang melakukan penelitian di desa Jogotirto kecamatan Berbah kabupaten Sleman Yogyakarta. Kamu penasaran dengan lava bantal?

Kita memulai perjalanan dengan menempuh sekitar 1 jam perjalanan dari Yogyakarta menggunakan motor. Kami mengambil arah ke desa Jogotirto. Sampai di lava bantal, kamu hanya perlu membayar parkir sebesar 2000 rupiah saja, tanpa dipungut tiket masuk. Murah bukan?cocok untuk mahasiswa seperti kita bukan. 
Lava bantal sendiri ditemukan oleh beberapa mahasiswa yang melakukan penelitian di desa itu. Diperkirakan batu-batu yang menyerupai bantal itu terbentuk dari lava cair gunung berapi yang terjadi berjuta tahun yang lalu. Lava panas gunung berapi mengaliri sungai Opak dan bercampur dengan air, sehingga lama kelamaan membeku dan terbentuklah sebuah batu yang menyerupai bantal dan dinamai lava bantal. Lava bantal merupakan sungai yang unik karena termasuk batuan langka, dimana hanya ada di lava bantal Berbah dan juga di Pacitan, Jawa timur untuk wilayah Jawa. Lava bantal sendiri belum terlalu terkenal di kalangan para traveler di Yogyakarta karena lava bantal juga baru ditemukan dan juga masih dalam masa pembangunan tempat wisata.

1. Alam yang Ramah, Biaya pun Murah

Alam Yang Ramah, Biaya Pun Murah Sumber: Dok. Pribadi

Jika kamu memutuskan untuk pergi ke lava bantal, kamu hanya perlu menyiapkan biaya yang relative murah, karena hanya biaya parkir yang kamu butuhkan, saat masuk wisata lava bantal, kamu juga bisa menemukan pendopo, kamar mandi dan rest area yang bisa kamu gunakan untuk istirahat. Ada juga pemandian di pinggir lava bantal, suasana yang sejuk ditemani air sungai yang jernih dan dingin juga sangat enak sekali. Ada juga beberapa pedagang makanan yang berjualan di pinggir sungai, kamu bisa memesan seporsi mie goreng atau mie kuah dan di makan di pinggir sungai, tapi ingat ya, jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan.

Lava bantal di buka dari jam 08.00 sampai pukul 16.30. kamu tau sendirikan kalau di sungai malam-malam akan terasa horror, namun jangan khawatir, di lava bantal tidak ada apa-apa. Jadi kamu bisa berwisata di lava bantal dari pagi dan pulang sore hari.

2. Dari Pre-Wedding sampai River Tubing

Dari Pre-wedding Sampai River Tubing Sumber: Dok. Pribadi

Ada sebuah jembatan penghubung juga yang dapat kamu manfaatkan untuk menyeberangi sungai, banyak pengunjung juga yang menggunakan jembatan itu untuk foto, ada yang berfoto bersama, foto pre wedding, ada juga yang berfoto sendirian dengan gaya candid ala ala. Dan yang mengasikkan lagi, kamu juga bisa bermain arung jeram dengan ban atau yang biasa kamu kenal dengan tubing, tapi juga tidak lupa pengamanan berupa pelampung yang sudah disediakan oleh warga pengelola wisata.

Jika kamu hanya ingin duduk dan menenangkan diri, kamu bisa duduk-duduk di batuan lava bantal sambil memainkan air di kaki. Airnya cukup dingin karena air berasal dari gunung. Air yang dingin ditambah suasana yang enak dan sejuk juga bisa memperbaiki suasana hatimu bukan?

Kalau terdapar di lava bantal, aku jamin kamu nggak bakal menyesal karena keindahan lava bantal yang disuguhkan sangat berkesan.

Related Posts

Pantai-greweng-cocok-buat-beach-camp pantai greweng cocok buat beach camp
pantai greweng cocok buat beach camp
/
Pebrianto Budi Prabowo /
0 513 0
5-pantai-pasir-putih-di-gunungkidul-yang-cantik-nan-ciamik 5 Pantai Pasir Putih di Gunungkidul yang Cantik nan Ciamik
Membahas Gunungkidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta, memang nggak ada habisnya. Deretan pantai dengan pasir putih, keindahan bawah laut dan pemandangan alam yang eksotis rasanya tak cukup satu hari untuk dijamahi
/
Dahlia Soraya /
3 1484 0