Sumber: Photo by Gracia Julia , instagram.com/graciajuliaf/
Winda Amalia Winda Amalia

Sekeping Sejarah di Gua Rencang Kencono Gunungkidul

Nama Rencang Kencono sendiri didapat dari kata Rancang, karena di gua inilah Laskar Mataram dulunya menjadi tempat untuk merancang strategi perang melawan penjajah Belanda.

Gua Rancang Kencana terletak di Dukuh Menggoran, Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 40 km dari pusat kota Jogjakarta.


Untuk menuju ke sana jalannya terus menanjak dengan banyak jurang di kanan dan kiri jalan. Jika kamu ingin menggunakan angkutan umum maka bisa dimulai dari terminal bis Giwangan Jogjakarta dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dan ongkos Rp 6000.


Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, maka kamu bisa mengambil 2 rute alternatif. Rute yang pertama adalah Jogjakarta – Piyungan – Patuk – Pertigaan Gading – Playen – Bleberan. Sedangkan rute yang kedua Jogjakarta – Imogiri -Panggung – Playen – Bleberan 


Sesampai di Gua Rancang Kencana bersiaplah dibuat takjub dengan adanya pohon Klumpit raksasa berusia ratusan tahun yang menyambut kedatangan kalian tepat di tengah-tengah mulut gua.


Nama Rencang Kencono sendiri didapat dari kata Rancang, karena di gua inilah Laskar Mataram dulunya menjadi temapt untuk merancang strategi perang melawan penjajah Belanda.


Selain stalaktit, bagian dalam gua yang cukup luas ini ini juga dihiasi pahatan yang menandakan bahwa di sini dulu juga pernah ada kehidupan dari jaman prasejarah, serta kutipan Prasetya Bhinnekaku yang menjadi ikrar para pejuang Mataram.


Jauh ke dalam gua, melalui lorong yang sempit masih ada beberapa ruangan di mana salah satunya dijadikan tempat para pejuang bertapa untuk mendapat wangsit (petunjuk). Dengan aliran oksigen yang kurang baik, orang normal maksimal biasanya cuma bisa bertahan 10 menit di sini. Ketika malam tiba, Gua Rancang Kencono hanya mendapatkan sinar dari cahaya bulan yang memberikan kesan mistis namun eksotis.


Lokasi:
Bleberan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta 55861
Jam Operasional:
08.00 – 20.00
Tiket Masuk:
Rp 3.000,- (sudah termasuk tiket ke Air Terjun Sri Gethuk)

Related Posts

Jangan-lupa-piknik-biar-gak-panik Jangan Lupa Piknik Biar Gak Panik
Jangan Lupa Piknik Biar Gak Panik Jalan-Jalan terus biar kayak orang-orang.
/
Hildan Putra Dwika /
0 564 0
Pantai-watu-lumbung Pantai Watu Lumbung
Pantai keren yang tidak terlalu ramai ini punya spot foto yang khas untuk diabadikan. Lokasinya berseberangan dengan pantai Wediombo. Dinamakan pantai Watu Lumbung, mungkin karena batu2 karangnya yang banyak & besar.
/
Widarko Hartono /
0 437 0