Sumber: Dok. Pribadi
Didik Tama Didik Tama

Serunya Sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain memiliki keraton, tugu, pantai, dan Malioboro, Jogja juga memiliki salah satu spot untuk liburan dengan gaya adventur yang unik, yaitu sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo. Emang bisa ya? Bisa banget dong.

Gumuk Pasir Parangkusumo, dalam bahasa jawa gumuk berarti gundukan atau tumpukan. Jadi Gumuk Pasir disini dimaksudkan dengan tumpukan atau gundukan pasir. Berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gumuk pasir ini terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok, untuk menuju kesana dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Yogyakarta. 

Memasuki kawasan Pantai Parangtritis kita akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 4.000,-. Akses menuju gumuk pasir ini sangat mudah kok, karena ada penunjuk jalan menuju gumuk pasir ini. Untuk memasuki kawasan gumuk pasir ini hanya dikenai biaya parkir sebesar Rp 3.000,-. Kita dapat melakukan sandboarding disini, biaya sewa papan sandboarding ini sebesar Rp 80.000, sepuasnya. Untuk fasilitasnya sendiri sudah lumayan lengkap seperti, toilet, tempat ibadah, pos penjagaan, dan klinik kesehatan sudah tersedia.

Disini banyak spot foto yang menarik, terdapat ayunan dan sebuah area foto berbentuk hati yang bisa kita gunakan untuk berfoto bersama pasangan. Kawasan gumuk pasir ini juga sering digunakan untuk syuting video clip lho! Dan konon katanya gunungan pasir alami yang luas seperti padang gurun ini hanya ada dua di dunia lho yaitu di Bantul (D.I. Yogyakarta) dan Meksiko. Kebayang kan istimewanya Jogja kaya gimana? Yuk buruan jadikan Jogja sebagai destinasi wisata pilihanmu!

Related Posts

Aktivitas-pagi-candi-plaosan Aktivitas Pagi Candi Plaosan
Candi Plaosan yang berada kabupaten Klaten ini memang termasuk candi idola para fotografer. Moment sunrise & sunset pun akan terbingkai indah. Jadi gak ada salahnya datang berwisata kesini pagi hari, sambil menunggu loket dibuka pukul 06.00.
/
Widarko Hartono /
0 608 0