Sumber: Dok. Pribadi
Aqidatul Izza Aqidatul Izza

Tebing Breksi, Bekas Penambangan yang Disulap Jadi Cantik

Ada yang tahu seperti apa bentuknya bekas pertambangan? Pastinya tidak karuan bentuknya dan seringnya bikin alam makin rusak. Tapi tunggu dulu, ada satu tempat bekas pertambangan yang justru jadi tempat wisata karena keunikannya. Penasaran?

Tebing kapur Breksi yang menyuguhkan landscape keren ini berjarak 500 meter dari Candi Ijo yang ada di atas tebing dan menjadi sumber mata pencaharian warga sebagai penambang. Menurut cerita Bapak Muhammad Taufik sebagai pengelola parkir tempat wisata,  wisata Tebing Breksi ini baru dibuka pada Tahun 2015 dan dahulu Tebing ini adalah pegunungan yang membuat ilmuwan dari UGM datang untuk meneliti kandungannya. Hasilnya, batuan kapur breksi adalah endapan abu vulkanik dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Sehingga oleh penduduk lokal bukit ini di tambang dan menghasilkan tebing setinggi 30 meter.

Di Taman Wisata Tebing Breksi ini terdapat tempat duduk dari batu yang tertata rapi melingkari sebuah panggung alam beralaskan rumput hijau. Biasanya bisa menjadi tempat pertunjukan ataupun drama. Oh iya, tebing yang dulunya terdapat guratan bekas alat tambang manual, kali ini mulai dipahat beragam relief tradisional seperti tokoh wayang.

Jika kamu masih bersemangat dan panas matahari juga tidak terlalu terik menyengat, kamu bisa menyempatkan untuk naik ke atas tebing. Di atas tebing breksi ini kalian bisa melihat jalur landasan penerbangan Bandara Internasional Adi Sutjipto loh guys. Terlihat juga Situs Ratu Boko, dan dikejauhan nampak Candi Prambanan yang megah. Tak lupa juga Gunung Merapi dan Merbabu yang menjulang. Nah, diatas Tebing Breksi ini kamu bisa melihat indahnya ciptaan Tuhan yang Maha Agung dengan segala kenikmatannya. 

Untuk bisa sampai di Tebing Breksi ini kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 7 Km dari Candi Prambanan dan letaknya sebelum Candi Ijo. Hati-hati juga untuk para pengendara karena jalan yang amat sangat menanjak dan licin.

Fasilitas yang disediakan di Tebing Breksi ini diantaranya tempat istirahat berupa warung-warung yang didirikan oleh penduduk setempat, Masjid dan tempat wudhu yang bersih, tempat parkir yang aman, dan tak lupa jajanan ringan seperti cilok dijajakan di sekitar parkiran.

Oh iya untuk biaya masuk hanya membayar Rp. 2000,00 untuk parkir dan seikhlasnya untuk tiket masuk. Nah, what are you waiting for? Datang dan nikmati indahnya ciptaan Tuhan yang satu ini guysss!!

Related Posts

Mau-ngopi-di-atas-bukit-ke-kedai-wedangan-watu-lumbung-aja Mau Ngopi di Atas Bukit? Ke Kedai Wedangan Watu Lumbung Aja!
Sudah sejak lama ritual ngopi menjadi aktivitas yang tidak pernah dilewatkan bagi sebagian besar orang, khususnya pecinta kopi. Di utara Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, ada tempat ngopi yang menawarkan pengalaman ngopi di atas bukit lho!
/
Darin Rania /
18 2328 0
Eksotisme-perbukitan-menoreh-dari-taman-wisata-alam-kalibiru Eksotisme Perbukitan Menoreh dari Taman Wisata Alam Kalibiru
Selain pemandangan eksotis, kamu juga bisa mendapat semburan adrenalin di Kalibiru ini.
/
Rendi Pangkisuwito /
19 800 0