Sumber: Photo by @ejrak, instagram.com/ejrak
Jeni Rikarasari Jeni Rikarasari

Telap Twelep 12, Kuliner Mie Instan Mirip Seperti Bungkusnya

Semua varian mie instan disajikan benar-bener mirip seperti yang ada pada bungkus mie instannya.

Mie instan merupakan makan yang digemari oleh semua kalangan baik kalangan atas maupun kalangan menengah ke bawah. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tanpa mengenal usia. Walaupun mempunyai dampak yang kurang baik bagi kesehatan, namun tak menjadikan mie instan kehilangan penikmatnya. Di Jalan Pandeyan, Yogyakarta, tepatnya di sebelah utara Swalayan Pamela 2 terdapat Mie Telap 12, tempat makan yang menyajikan mie instan mirip sesuai dengan bungkusnya.


Mie Telap 12 adalah satu-satunya (mungkin) tempat di Indonesia yang menyajikan menu mie sama persis dibungkusnya. Nama Mie Telap 12 (dibaca Telap – Twelep) sebenernya diambil dari kata “Telap-Telep” yang dalam bahasa Jawa artinya “Lahap”. Jadi diharapkan orang yang menikmati mie tersebut bisa makan dengan lahap tanpa harus menyisakan sedikitpun. Mengapa penulisannya menggunakan kata “Mie Telap 12”, penggunaan kata ini karena angka 12 dalam bahasa Inggris itu adalah “Twelve dibaca Twlev”. Berhubung lidah Jawa jadi bacaan Twlev menjadi Twelep. Penggunaan kata nyentrik ini agar pelanggan lebih tertarik untuk mengujungi dan menikmati menunya.


Idenya sendiri berawal dari kekecewaan Bosiran (32) sebagai pengelola tempat makan Mie Telap Twelep ketika ia kecil. Di mana dia membayangkan bahwa mie instan yang dibelinya dari supermarket akan sesuai dengan yang tergambar di bungkusnya, tetapi kenyataannya tidak. Karena “dendam” nya dengan mie yang ternyata tak sesuai dengan yang dibayangkan saat dia kecil membuat dia bersama Husni Muarid berusaha merealisasikan mie instan ini sesuai dengan tampilan dibungkusnya, yaitu dengan membuka tempat makan Mie Telap Twelep.


Tempatnya tak terlalu luas, cuma ada beberapa meja yang kurang dari 7 buah. Semisal ramai pembeli akan digelarkan tikar di samping warung. Suasananya seperti di kapal karena mejanya berbentuk seperti setir kapal dan kursinya seperti tong kayu. Karena pembuatan mie agak lama, disarankan untuk datang siang, kalau datang malam sering penuh dan menjadi antri lama sekali.


Mie Telap 12 ini sudah sangat terkenal di Jogja bahkan namanya juga terdengar sampai luar kota. Hal itu terlihat pembelinya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jambi, Jakarta, Semarang, dll. Tak hanya itu, kalangan artis juga sering datang ke tempat makan ini, seperti Ikang Fauzi, Hadad Alwi dan juga Irfan Hakim. 

Untuk mie kuah, terdapat 4 macam varian yang dapat dinikmati, yaitu kari, soto, ayam bawang dan kocok Bandung. Sedangkan untuk mie goreng terdapat 5 varian, yaitu spesial, iga, rendang, pedas dan cabai hijau. Untuk minuman ada es teh, es jeruk, air putih dan yang spesialnya ada es jealous, es sirup yang berisi jelly berbentuk mie.


Tidak ada salahnya kamu mencoba kesini untuk menikmati menu mie yang sama persis dengan bungkusnya. 


Lokasi:
Jl. Pandean No. 10B Yogyakarta 
Twitter: @Telap12 
Jam buka:
Hari Biasa : 12:00 – 22:00 WIB
Jumat : 13:00 – 22:00 WIB
Kalau libur akan diinfokan via twitter



Related Posts

Tempat-ngopi-yang-satu-ini-bikin-malammu-di-jogja-serasa-di-eropa Tempat Ngopi yang Satu Ini Bikin Malammu di Jogja Serasa di Eropa!
Saat malam tiba, kamu pasti ingin mencari tempat nongkrong atau tempat untuk sekadar melepas penat. Pastinya bukan tempat nongkrong biasa, yang menampilkan suasana ala Eropa. Pengen?
/
Yuni Lestari /
3 770 0
Rekomendasi-3-sarapan-maknyus-saat-berkunjung-ke-yogyakarta Rekomendasi 3 Sarapan Maknyus saat Berkunjung ke Yogyakarta
Gudeng menjadi menu andalan wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Cocoknya makanan yang terbuat dari nangka muda ini disantap saat sarapan. Tapi alangkah baiknya jangan cuma terpaku dengan gudeg. Kenapa?
/
Rendi Pangkisuwito /
8 596 0