Sumber: instagram.com/nurrachmat._, -
Mika Angelina Mika Angelina

Tempat Liburan di Jogja Paling Pas Khusus Para Kutu Buku

Siapa bilang para kutu buku nggak bisa liburan atau menikmati tempat seru di Jogja? Ada lho toko buku atau perpustakaan yang menyediakan spot unik dan seru untuk menikmati kegiatan membacamu atau berbelanja buku.

Selain kota budaya, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota pelajar. Banyak universitas dan perguruan tinggi yang tersebar di Jogja. Mulai dari universitas negeri hingga yang swasta.


Tradisi intelektual dengan budaya membaca juga berkembang pesat di kota ini. Banyaknya mahasiswa dari pelosok seantero negeri ini hingga sampai luar negeri berdatangan silih berganti. Menjadikan tempat-tempat keilmuan seperti toko-toko buku semakin menjamur di setiap sudut ruang publik yang ada.


Bahkan akses untuk mendapatkan keilmuan itupun terasa sangat mudah untuk didapatkan, terutama bagi mereka yang benar-benar tipe kutu buku. Di bawah Jogjavacanza akan berbagi sebuah informasi mengenai toko-toko buku yang terkenal dan cocok dikunjungi sebagai destinasi belanja buku. 


1. Mengunjungi Berbagai Perpustakaan

Mengunjungi Berbagai Perpustakaan Sumber: ytimg.com, -

Dengan mengunjungi perpustakaan, kamu bisa membuka wawasan tentang bagaimana buku-buku dikelola, bagaimana perpustakaan diberdayakan agar dapat menarik dan mewadahi kebutuhan masyarakat, serta berbagai inovasi dunia buku yang sebelumnya mungkin belum pernah terbayangkan olehmu


Di Jogja ada beberapa perpustakaan yang bisa kamu kunjungi seperti Perpustakaan Grahatama Pustaka, Jogja Library Center, atau Perpustakaan Kota Yogyakarta. 

2. Studio Radio Buku

Studio Radio Buku Sumber: kompasiana, -

Di era yang serba internet ini, radio tetap memiliki ruang di hati para pendengarnya. Pencinta musik mendengarkan radio yang memutarkan playlist musik, orang yang haus ilmu agama mendengarkan radio seputar dakwah, atau pengamat politik akan mendengarkan radio berita.


Demikian pula, yang terjadi pada pencinta buku, mereka akan mendengarkan radio khusus tentang buku. Di Jogja sendiri terdapat stasiun radio buku. Stasiun radio itu bernama Radio Buku. Cobalah untuk singgah, tempatnya di Bale Black Box, Sewon Indah Bantul! Di sana, kamu bisa bertemu dengan praktisi buku di bidang media.


Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan narasumber yang hendak mengisi acara di stasiun radio tersebut dan memperoleh banyak pandangan tentang dunia buku. 


3. Kafe-kafe buku di Jogja

Kafe-kafe Buku Di Jogja Sumber: lukcoffeeandbook, -

Di Jogja, banyak bertebaran kafe atau tempat nongkrong yang menyediakan aneka buku untuk dibaca oleh para pengunjungnya. Untuk kamu yang doyan ngopi, bisa berkunjung ke Dongeng Kopi & Indiebook atau Luk Coffee and Books. 


Baca buku sambil minum kopi, nikmat yang tak terbayangkan! Coba juga kedai kopi Roti Papi di Jalan Gejayan, Gang Bougenville nomor 1, untuk mencicipi aneka masakan Italia, Belanda, dan Asia. Selain bisa makan dan baca buku, kamu bisa ngobrol dengan bule asal Belanda, owner kafe itu. Jangan khawatir soal kendala bahasa, dia sudah lancar berbahasa Indonesia dan Jawa kok!




4. Shopping Center

Shopping Center Sumber: panduanwisata.id, -

Berwisata buku kurang lengkap rasanya jika tak berkunjung dan membeli buku di tempat yang cukup legendaris ini. Untuk itu, kamu kudu menyambangi Shopping Center yang berada di dekat Taman Pintar Yogyakarta. Surganya para pecinta buku.


Di sini, kamu akan menemukan anake buku kuno, langka, atau buku apa saja dengan harga cukup terjangkau. Tak cuma buku, ada juga data kuno, seperti buku tua, koran, atau majalah yang bersejarah.  

Related Posts

Bukit-pengilon-kala-pagi Bukit Pengilon Kala Pagi
.
/
Widarko Hartono /
0 1005 0
Aku-dan-kesejukan-gua-maria-sendang-sono Aku dan Kesejukan Gua Maria Sendang Sono
One’s destination is never a place, but a new way of seeing things. — Henry Miller
/
Since Novayanti /
14 850 0